Kamis, 14 Januari 2010

Rumah Idaman “KONSTRUKSI : Jalan Tol Cileunyi-Sumedang Dibangun Pemerintah” plus 1 more

Rumah Idaman “KONSTRUKSI : Jalan Tol Cileunyi-Sumedang Dibangun Pemerintah” plus 1 more


KONSTRUKSI : Jalan Tol Cileunyi-Sumedang Dibangun Pemerintah

Posted: 14 Jan 2010 02:03 AM PST

Laporan wartawan KOMPAS Haryo Damardono

Kamis, 14/1/2010 | 17:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak menegaskan, jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan sepanjang 58,30 kilometer, telah diputuskan untuk dibangun sendiri oleh pemerintah.

"Jadi tidak benar informasi itu (dari televisi swasta), yang menyatakan jalan tol Cileunyi-Sumedang dibangun oleh kontraktor China," kata Hermanto, Kamis (14/1) dalam jumpa pers tentang infrastruktur jalan.

Akan tetapi, Hermanto menambahkan, jalan tol itu didanai pinjaman Pemerintah China. Demikian pula pinjaman untuk Jembatan Suramadu dan jalan tol Kuala Namu-Medan.

"Per Januari 2010 ini, sudah 10,45 persen dari 363 hektar kebutuhan lahan tol Cileunyi-Sumedang telah dibebaskan. Diharapkan, seluruh lahan tol itu dibebaskan paling lambat hingga akhir tahun 2010," kata Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Jalan Metropolitan, Harris Batubara.

Harris menambahkan, jalan tol itu nantinya akan menghubungkan Bandung dengan calon Bandara Internasional Kertajati. "Saya dengar izin prinsipnya sudah keluar," katanya.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

BERITA : Pasar Properti Singapura Bakal Menguat Kembali

Posted: 14 Jan 2010 01:25 AM PST

Kamis, 14/1/2010 | 16:25 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pasar properti Singapura tampaknya akan keluar dari krisis keuangan global dan tampil perkasa kembali. Konsultan properti CB Richard Ellis mengatakan, performa pasar investasi Singapura tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun 2009. Nilai total penjualan investasi real estate diperkirakan mencapai 10,2 miliar dollar Singapura.

Angka ini 43 persen lebih rendah dibandingkan nilai yang ditetapkan pada tahun 2008 sejumlah 17,9 miliar dollar Singapura, namun masih lebih baik dari prakiraan pada awal tahun 2009 senilai 1,35 miliar dollar Singapura. Namun pada kuartal keempat tahun lalu, total penjualan investasi senilai 3,86 miliar dollar Singapura, turun 7,2 persen dari kuartal sebelumnya. CB Richard Ellis menyebutkan, penurunan ini disebabkan pasar perumahan "mengambil nafas sejenak" pada awal tahun.

Secara terpisah, konsultan properti DTZ Singapura mengatakan, anggaran Singapura mengalir untuk investasi di Asia Tenggara pada kuartal keempat tahun lalu. Disebutkan bahwa 73 persen nilai total transaksi sejumlah 2,4 miliar dollar AS di Asia Tenggara itu berkat Singapura. DTZ mencatat bahwa Singapura melakukannya dengan baik karena negara ini merupakan pintu gerbang kawasan Asia Tenggara. Sebagian besar investasi selama periode disalurkan ke sektor perumahan, diikuti oleh sektor ritel.  

Di Singapura, pasar perumahan terdiri dari 57 persen dari nilai transaksi pada kuartal keempat tahun 2009. 

DTZ menambahkan bahwa pasar riil investasi di Asia Tenggara terutama didorong oleh perusahaan-perusahaan domestik dan investor swasta.  (Channel News Asia/KSP)

 
 

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar