Minggu, 20 Juni 2010

Rumah Idaman “Apartemen Menengah Terus Digarap” plus 3 more

Rumah Idaman “Apartemen Menengah Terus Digarap” plus 3 more


Apartemen Menengah Terus Digarap

Posted: 19 Jun 2010 01:07 PM PDT

TANGERANG, KOMPAS.com - Macetnya kredit rumah susun sederhana milik subsidi bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah, yakni di bawah Rp 4,5 juta, mendorong sebagian pengembang beralih menggarap proyek rumah susun kelas menengah.

Direktur Utama PT Broadbiz Asia Roby Irwanto, di Tangerang, Sabtu (19/6/2010), mengemukakan, pihaknya kini fokus mengembangkan proyek apartemen menengah ke bawah dengan target pasar masyarakat berpenghasilan antara Rp 1,5 juta dan Rp 6 juta per bulan.

Saat ini, pihaknya memasuki tahap konstruksi proyek apartemen menengah milik Paragon Village di Karawaci, Tangerang. Ukuran hunian yang ditawarkan bervariasi, yakni tipe unit satu kamar seluas 18-20 meter persegi (m2) dengan harga Rp 90 juta per unit, unit berisi dua kamar ukuran 30-34 m2 dan 37-38 m2 seharga Rp 160-180 juta, serta unit spesial (3 kamar) seluas 58 m2 seharga Rp 270 juta.

Paragon Village dibangun pada lahan seluas 1,1 hektar dengan total hunian 1. 270 unit yang terbagi dalam empat menara setinggi 12 lantai. Hingga kini, total penjualan apartemen itu sudah mencapai 70 persen.

"Target utama pasar adalah karyawan dan mahasiswa di Karawaci," ujar Roby.

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis dan Pemasaran PT Broadbiz Asia Ronaldo Maukar, pasar konsumen menengah ke bawah masih sangat potensial, sebab suplai perumahan menengah ke bawah setiap tahun hanya sekitar 30.000 unit atau 5 persen dari total kebutuhan.

Nilai investasi Paragon Village berkisar Rp 200 miliar, 40 persen-50 persen di antaranya berasal dari penjualan. Penjualan apartemen itu ditargetkan tuntas bulan September 2010.

Sejak awal tahun 2010, perbankan menghentikan sementara penyaluran kredit rumah susun sederhana subsidi. Hal itu terkait rencana pemerintah untuk mengganti pola pembiayaan kredit rumah rakyat bersubsidi.

Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Dibangun LRT antara Tianjin Eco-city dan Beijing

Posted: 19 Jun 2010 08:40 AM PDT

SINGAPURA, KOMPAS.com - Para pejabat Singapura dan China sedang mempelajari detail proyek Light Rail Transit (LRT) yang dapat membawa penumpang antara Tianjing Eco-city dan Beijing dalam waktu singkat.

Tianjin Eco-City merupakan proyek kerja sama Pemerintah Singapura dan China.

LRT ini akan menjadi bagian terintegrasi Tianjin Eco-city, yang menonjolkan gaya hidup hijau dan ramah lingkungan.

Namun pembangunan terlambat dikerjakan menyusul adanya usulan baru dari Pemerintah China untuk menghubungkan kereta ke Beijing.

Deputi PM Singapura Wong Kan Seng mengatakan, "Ada beberapa modifikasi rencana, yang akan, saya ungkapkan, melayani Eco-city lebih baik."

"Dan ini juga akan membantu lebih baik hubungan antara Eco-city dan Tianjin, serta antara daerah sekitar Tianjin dan Beijing serta beberapa daerah lainnya di Tianjin. Perubahan ini sedang dibahas, katanya.

"Jadi antara kedua belah pihak, Singapura dan Tianjin, para pejabat akan duduk bersama dan melihat detail perubahan ini," ungkap Wong.

Wong menjelaskan hal ini kepada jurnalis setelah melakukan kunjungan ke Eco-City hari Jumat (18/6/10). Dikatakan, ia sangat terkesan dengan kemajuan yang luar biasa dari pembangunan ini sejak kunjungan terakhirnya ke Tianjing September 2008.

Kedua pemerintahan mempunyai target menyelesaikan tahap pertama pembangunan Tianjin Eco-city dalam waktu tiga tahun sampai lima tahun. Tahapan ini meliputi 4 km2, di luar dari total luas 30 km2. (CNA)

Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

SkyPark Marina Bay Dibuka Kamis 24 Juni

Posted: 19 Jun 2010 07:08 AM PDT

SINGAPURA, KOMPAS.com — SkyPark The Marina Bay Sands Singapura akan dibuka untuk umum Kamis (24/6/2010) mendatang. Anda yang tidak sabar menikmati suasana di atap gedung dapat mulai mem-booking tiket dari sekarang. Resor terpadu ini menjual hanya 500 tiket pada hari pembukaan.

Berlokasi 200 meter dari permukaan tanah, SkyPark berada di puncak tiga menara hotel Marina Bay Sands.

Selain menikmati panorama Singapura dari puncak gedung, pengunjung juga dapat memutar panduan audio pelengkap. Mereka juga dapat difoto oleh fotografer keliling.

Desk Observasi dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 22.00. Tiket dijual seharga 20 dollar Singapura, dan masyarakat dapat membeli tiket secara online dari website.

Mulai 25 Juni, khalayak dapat membeli tiket dari box office yang berlokasi di Marina Bay Sands Hotel Tower 31.

Setelah hari pertama, tiket dijual seharga 20 dollar untuk orang dewasa, 14 dollar untuk anak berusia 2 tahun dan 12 tahun, dan 17 dollar untuk lansia berusia 55 tahun ke atas.

Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Harga RSS Naik Jadi Rp 94 Juta Per Unit

Posted: 19 Jun 2010 06:13 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga maksimum rumah sederhana sehat (RSS) bersubsidi untuk penduduk berpenghasilan di bawah Rp 2,5 juta per bulan naik menjadi Rp 94 juta per unit. Sementara harga maksimum RSH yang berlaku selama ini adalah Rp 55 juta per unit.

Demikian simulasi Kementerian Perumahan Rakyat menjelang penerapan fasilitas likuiditas pembiayaan rumah sederhana bersubsidi di Jakarta, Jumat (18/6/2010). Pola baru pembiayaan itu berlaku mulai 1 Juli 2010.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Perumahan Rakyat Tito Murbaintoro mengemukakan, pihaknya masih menunggu pembahasan final dengan Kementerian Keuangan terkait harga patokan maksimum rumah subsidi tersebut.

"Finalisasi harga patokan maksimum rumah bersubsidi harus memperhitungkan potongan pajak bagi konsumen berpenghasilan menengah ke bawah," ujarnya seusai diskusi "Fasilitas Likuiditas dan Masa Depan Pembiayaan Perumahan", yang diselenggarakan Forum Wartawan Perumahan Rakyat.

Perubahan harga patokan RSH terjadi seiring rencana pemerintah mengubah skim pembiayaan rumah bagi rakyat menengah ke bawah berpenghasilan di bawah Rp 4,5 juta per bulan.

Adapun harga satuan rumah susun sederhana milik (sarusunami) bagi masyarakat berpenghasilan Rp 4,5 juta per bulan diusulkan maksimum Rp 190,4 juta per unit, sedangkan pagu maksimum yang berlaku saat ini Rp 144 juta per unit.

Fasilitas likuiditas perumahan dirumuskan sejak awal tahun 2010 berupa subsidi bunga sehingga bunga kredit maksimum untuk RSH sebesar 8 persen per tahun dan rusunami 9 persen per tahun selama tenor pinjaman.

Skim itu menggantikan pola lama subsidi yang berlaku saat ini, yakni subsidi uang muka Rp 5 juta-Rp 7 juta per unit dan subsidi selisih bunga, sehingga bunga kredit perumahan 7-9,85 persen per tahun untuk jangka waktu 4-8 tahun.

Rencana perubahan pola subsidi rumah tersebut membuat sebagian perbankan menghentikan penyaluran KPR bersubsidi.

Penyisihan anggaran

Tito menegaskan, pemerintah telah menyisihkan anggaran subsidi perumahan dari APBN Perubahan 2010 sebesar Rp 416 miliar untuk pembayaran subsidi tahun 2008-2009 serta masa transisi pola subsidi lama ke pola fasilitas likuiditas..

Total anggaran subsidi perumahan Rp 3,1 triliun. Dari jumlah itu, sebesar Rp 2,683 triliun di antaranya untuk fasilitas likuiditas.

Managing Director Bank Tabungan Negara (BTN) Irman A Zahiruddin mengemukakan, pembiayaan perumahan rakyat dengan suku bunga tetap (fixed rate) selama 10 tahun belum pernah diterapkan. Meski demikian, BTN mendukung pola pembiayaan itu.

BTN menyiasati pendanaan dengan mengeluarkan obligasi korporasi dengan tenor 10 tahun agar sesuai dengan pola pembiayaan KPR fixed rate.

Akan tetapi, ujar Irman, bunga obligasi tahun 2011 tidak bisa diperkirakan. Jika bunga obligasi lebih mahal, perlu kompensasi berupa imbal hasil (yield) penempatan dana yang dibayarkan ke pemerintah lebih rendah atau bank mengurangi margin keuntungan. (LKT)

Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar