Sabtu, 10 Desember 2011

Rumah Idaman “Lantai Taman Tak Harus Diisi Rumput” plus 2 more

Rumah Idaman “Lantai Taman Tak Harus Diisi Rumput” plus 2 more


Lantai Taman Tak Harus Diisi Rumput

Posted: 09 Dec 2011 08:23 AM PST

KOMPAS.com - Biasanya taman identik dengan rumput sebagai pengisinya. Namun, bila Anda khawatir tanah akan mengotori area taman, terutama sehabis disiram hujan, buat saja taman kering.

Taman kering? Memang, taman kering tidak menggunakan rumput, melainkan berbagai material seperti semen dan bebatuan. Jika memerlukan ide praktis, Anda bisa mengisi lantai taman ini dengan koral putih hingga menutup semua permukaan.

Mau lebih atraktif lagi? Silahkan isi taman kering Anda dengan pola kotak-kotak menggunakan semen. Kemudian, pola tersebut diisi dengan batu alam berbagai jenis dan warna sesuai keinginan.

Agar batu tak berhamburan, buatlah perbedaan level antara lantai dengan garis pembatas dari semen. Jika masih menginginkan rumput, maka tanamlah pada area di dalam pola kotak atau jadikan garis pembatas.

Ide lainnya adalah membuat beton sikat. Yaitu, lapisan semen dicampuri batu kecil saat semen basah, kemudian disikat dengan sikat kawat untuk menonjolkan teksturnya. Beton sikat ini awet, mudah dibersihkan, dan menjaga lantai supaya tidak licin terutama saat basah. (Maria Jaclyn)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Alat Pertamanan, Dipilah-Pilih Sesuai Keperluan!

Posted: 09 Dec 2011 07:56 AM PST

KOMPAS.com - Ada banyak kategori alat untuk kegiatan pertamanan. Beberapa di antaranya pasti menjadi alat utama, dan selebihnya tergantung keperluan.

Alat-alat utama pertamanan memang penting untuk pemeliharaan dan tidak bisa dianggap sepele. Sementara beberapa alat lainnya berguna tanpa harus membeli, namun cukup menyewanya.

Hal terpenting dari penggunaan alat pertamanan itu adalah kenyamanan dan ukurannya sesuai dengan badan Anda. Apa saja kira-kira yang Anda butuhkan? Simak berikut ini:

Gunting

Ada dua tipe gunting, yang pertama berjenis by pass. Tipe ini khusus digunakan untuk memotong ranting berukuran kecil, karena dari dua pisau pemotong, hanya salah satu pisau yang bergerak saat pemotongan. 

Tipe kedua adalah anvil. Pemotongan dengan gunting ini dilakukan dengan menggerakkan bilah gunting secara bersama-sama. Jenis ini cocok untuk memotong ranting-ranting berukuran lebih besar karena relatif lebih kuat.

Single handed shears

Ini adalah gunting tangan mini dengan panjang pisau sekitar 12 sentimeter. Dioperasikan dengan satu tangan sehingga pas dipakai untuk merapikan rumput di sekitar pohon atau pinggir tanaman perdu lainnya. Gunting ini sebaiknya ringan, tapi kuat, gampang dipegang, dan seimbang.

Lopper

Ini adalah gunting besar dengan mekanisme pemotongan berupa anvil atau by pass. Tergantung pada ukurannya, lopper bisa memotong ranting hingga diameter 3,6 sentimeter.

Beberapa tipe gunting ini punya pegangan hingga panjang 75 sentimeter dan mampu memotong ranting sampai diameter 5 sentimeter. Untuk memilih alat ini sebaiknya memperhatikan kekuatan, daya tahan, kekokohan, terutama pada bagian-bagian pergerakan.

Gergaji pangkas

Alat ini cocok untuk memotong dahan berukuran besar yang tidak mungkin dilakukan lopper. Beberapa tipe tersedia seperti yang dapat dilipat, lurus, dan melengkung.

Cara pemotongannya adalah dengan mendorong ke depan dan menarik ke belakang, serta ada juga yang menekan dan menarik.

Sarung tangan

Sarung tangan (glove) berfungsi untuk melindungi tangan saat berkebun. Tangan jadi terjaga kebersihan dan pekerjaan berkebun tetap menyenangkan.

Sarung tangan murah bisa digunakan untuk pekerjaan pengepotan dan penyiangan. Sementara yang mahal bisa Anda pakai untuk memegang ranting berduri seperti mawar, karena biasanya cenderung berbahan lebih tebal, kuat, dan tahan lama.

Sekop

Sekop biasanya punya pegangan sepanjang 15 sentimeter. Alat ini berguna untuk menanam tumbuhan berukuran kecil. Namun, pastikan sekop bisa dipakai dengan mudah untuk menembus tanah liat.

Garpu

Secara prinsip, alat ini digunakan untuk menggali, terutama untuk tanah-tanah lempung yang liat karena lebih mudah ditekan dibandingkan memakai sekop.

Garpu dibuat dalam berbagai ukuran. Garpu penggali atau garpu kebun mempunyai 4 gigi garpu dengan panjang 27 sentimeter, sedangkan garpu border mempunyai 4 gigi runcing dengan panjang 23 sentimeter.

Cangkul

Cangkul ideal untuk membersihkan gulma di atas tanah dan digunakan untuk membuat kontur tanah. Cangkul Belanda punya pegangan sepanjang 1,5 sentimeter dengan mata cangkul terbuat dari logam. Alat ini efektif untuk menggali tanah yang lunak atau berbatu-batu. Alat ini juga dipakai untuk membalik tanah guna meningkatkan kesuburan. (G. Sujayanto)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Listrik Prabayar Untungkan Pengembang Perumahan

Posted: 09 Dec 2011 07:20 AM PST

PALEMBANG, KOMPAS.com - Listrik prabayar yang diterapkan PT PLN sekarang ini dinilai menguntungkan pengembang perumahan, karena tidak ada biaya beban. Hal itu terjadi karena bila perumahan tersebut belum diserahkan kepada pembeli, maka pengembang tidak diberatkan lagi.

Demikian diungkapkan Ketua DPD REI Sumatera Selatan, Oka Murod, di Palembang, Jumat (9/2/2012). Lebih lanjut dia mengatakan, selama ini bila perumahan sudah selesai dan telah dipasang listrik, pihak pengembang harus dibebani biaya beban listrik tersebut.

"Jadi, bila biaya beban itu tidak dibayar, pihak perusahaan listrik terpaksa mencabut meteran," katanya.

Namun, menurut dia, sistem prabayar ini sangat tergantung dengan pemakai, karena hanya membeli sesuai kebutuhan atau sama dengan pengisian pulsa telepon genggam. Oleh karena itu, progaram listrik prabayar sekarang ini menguntungkan bagi pengembang perumahan, karena beban listrik tidak perlu dipikirkan lagi.

Sehubungan itu, lanjut dia, pihaknya mendukung sepenuhnya program listrik prabayar yang mulai diterapkan, sehingga REI semakin lancar membangun rumah. Namun, dia pun berharap, PLN untuk terus mensosialisasikan pemasangan listrik prabayar, karena banyak masyarakat belum mengerti.

"Masyarakat masih bertanya tentang listrik prabayar, dan itu perlu diberikan pengertian lagi," katanya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar