Kamis, 04 Agustus 2011

Rumah Idaman “Gorden dan Hangatnya Silaturahmi” plus 2 more

Rumah Idaman “Gorden dan Hangatnya Silaturahmi” plus 2 more


Gorden dan Hangatnya Silaturahmi

Posted: 05 Aug 2011 06:18 AM PDT

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan ini Anda ingin memunculkan suasana baru di rumah Anda? Suasana baru lebih segar salah satunya bisa dimunculkan lewat penataan gorden yang baik untuk mendukung aktivitas silaturahmi bersama keluarga dan kerabat.

Sebelumnya, perlu Anda tahu, fungsi gorden sejatinya adalah mencegah cahaya masuk, mengendalikan aliran udara, serta menjaga privasi Anda sekluarga. Dan, gorden bergantung pada letak, ukuran dan bentuk jendela yang ditutupinya. Maka, agar Anda tidak salah pilih, berikut tips memilih gorden yang baik untuk dekorasi ruangan di rumah Anda:

Pertimbangkan bahan

Bahan gorden yang ideal adalah kain yang jatuhnya baik dan luwes sehingga indah dilihat. Bahan yang terbuat dari belacu, tenun, beludru, katun, satin, nilon, serta sutra merupakan aneka ragam bahan kain gorden yang bisa Anda jumpai di toko interior.

Sebagai saran, selain untuk menghemat pemakaian cahaya listrik, gunakan gorden yang tipis (vitrase) agar memungkinkan privasi pengguna ruangan tetap terjaga, namun cahaya matahari tetap bisa menerangi ruangan di siang hari. Sifatnya yang ringan dan luwes berkesan melayang memberi aksen yang eksotis di ruangan.

Warna dan Tekstur

Sebelum menentukan gorden pilihan, perhatikan dulu warna, tekstur, dan pola kain. Sesuaikan dengan ruangan yang akan dipasangi gorden.

Kain gorden yang tebal dan berwarna gelap berpengaruh terhadap banyaknya cahaya matahari ke dalam ruangan, sehingga memberi kesan hangat terhadap ruangan. Sebaliknya, warna-warna cerah seperti terakota, coklat muda, krem, atau putih sebaiknya dipasang di ruangan yang relatif sulit memperoleh cahaya alami agar ruangan terkesan terang dan segar.

Libatkan kreatifitas

Dengan kreativitas yang Anda miliki, tampilan gorden bisa lebih menawan, seperti pemakaian manik-manik. Anda pun bisa menambahkan bordiran, pita, payet, renda, atau sulaman sehingga motif gorden semakin menarik.

Namun demikian, perlu diingat bahwa Anda harus selalu memadu padankan kain gorden dengan elemen dekoratif lain dalam ruangan yang sama.

Proporsional

Sebenarnya, kata kunci yang penting dalam menata gorden adalah proporsional, baik dalam desain, gaya, warna, aksesori, serta ukuran yang akurat. Anda bisa melakukannya?

Ketinggian plafon

Ketinggian plafon ruangan juga harus diperhatikan agar mendukung gorden tampil lebih elegan. Ruangan berukuran besar tidak memiliki masalah berarti dalam penataan gorden, namum tetap saja corak dan model gorden harus dipertimbangkan agar dapat mengimbangi luasnya ruangan.

Setiap style atau gaya penataan gorden saling berhubungan dengan desain ruangan secara keseluruhan. Oleh sebab itu, hati-hati dalam menentukan style gorden yang menghias ruangan Anda!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Yuk, Manfaatkan Pencahayaan Alami!

Posted: 05 Aug 2011 05:48 AM PDT

KOMPAS.com - Pengurangan pemakaian lampu untuk kebutuhan rumah tangga merupakan langkah hemat energi. Mau lebih hemat lagi sekaligus ramah terhadap lingkungan? Beralihlah ke cara pencahayaan alami untuk hunian Anda.

Bagi Anda yang baru membangun atau merenovasi rumah, pertimbangan memanfaatkan pencahayaan alami dilakukan dengan tujuan sebagai jalan udara dan pintu masuk cahaya ke dalam hunian. Beberapa cara ini mungkin bisa Anda coba: 

Skylight

Buatlah skylight, misalnya kaca transparan di langit-langit rumah Anda. Cahaya yang masuk ke dalam rumah akan mengurangi pemakaian listrik untuk lampu pada pagi, siang dan sore hari.

Jendela transparan

Gunakan kaca transparan untuk jendela rumah Anda. Cahaya matahari bisa masuk lewat jendela, sehingga akan sangat menghemat pemakaian listrik.

Ruang tanpa sekat masif

Ruang-ruang di dalam rumah yang disekat selain memboroskan ruang, juga memboroskan instalasi dan penggunaan listrik. Buatlah sekat yang tidak masif, misalnya kaca yang transparan, atau aksesoris. Dengan ruang tanpa sekat, ketika lampu menyala, maka bisa menerangi ruangan lainnya.

Memasang innercourt

Buatlah innercourt dan biarkan taman ini dapat terhubung langsung dengan ruangan lainnya di dalam rumah.

Cat warna putih

Untuk dinding rumah, pakailah cat berwarna putih atau warna terang. Ini bertujuan agar cahaya lampu memantul dan memaksimalkan pencahayaan dalam hunian.

Selamat mencoba!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Serius... Telusuri Dulu Tindak-Tanduk Pengembang!

Posted: 05 Aug 2011 04:54 AM PDT

KOMPAS.com - Hati-hati sebelum membeli apartemen adalah hal mutlak. Jangan hanya menjadikan tinggi rendahnya harga sebagai patokan membeli sebuah apartemen, karena kredibilitas pengelola apartemen perlu ditelusuri agar di kemudian hari tidak muncul masalah.

Seperti ramai diberitakan, Rabu (3/8/2011), pengelola Mediterania Apartemen Kelapa Gading, Jakarta Utara, terlibat cekcok dengan para penghuninya. Masalah yang diributkan berkaitan dengan harga sewa yang dinilai mengalami kenaikan selama beberapa kali secara sepihak tanpa adanya proses rapat melibatkan penghuni. Para penghuni itu notabene merupakan anggota sah dalam perumusan AD/ART pasal 10 ayat 1 dan 2 tentang Rapat Umum Tahunan serta tidak melalui RUA (Rapat Umum Anggota).

Nah, untuk menghindari Anda terkena masalah serupa di kemudian hari, ada baiknya Anda berhati-hati sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu apartemen yang Anda minati. Berikut beberapa hal perlu Anda pertimbangkan:

Manfaatkan kolektifitas jaringan

Sebaiknya, hindari membeli apartemen secara personal. Membeli apartemen secara berkelompok atau jaringan akan memberikan bargaining power dalam mengumpulkan informasi dan keuntungan bila Anda benar-benar membeli apartemen tersebut. Bahkan, dengan demikian pembeli kolektif bisa mendapatkan harga yang bagus serta mendapatkan lokasi atau unit pilihan.

Selain itu, bila secara berkelompok, Anda dan rekan-rekan bisa memiliki kekuatan hukum yang kuat bila terjadi sesuatu tidak diinginkan di kemudian hari.

Mengukur kredibilitas pengembang

Anda harus punya keyakinan dan kecermatan terhadap profil pengembang. Perlu diketahui, pengembang yang memiliki komitmen tinggi menjalankan proyeknya cenderung akan menjaga kepercayaan dan kenyamanan Anda sebagai penghuni di semua produk mereka. Apalagi, bila Anda membeli apartemen secara inden, Anda harus memastikan kondisi dan performa pengembang secara prima di mata publik.

Caranya? Hal itu bisa Anda lihat pada Aturan Sertifikat. Dasar perhitungan kepemilikan unit apartemen adalah Nilai Perbandingan Proporsional (NPP). Anda perlu tahu, hitungan NPP unit yang Anda beli itu sudah beres atau belum. NPP antara lain dipakai untuk menentukan besarnya service charge dan hak suara penghuni dalam pengambilan keputusan dalam komunitas dan sertifikat sendirinya sifatnya adalah HGB (Hak Guna Bangunan).

Property management

Anda juga perlu tahu soal property management. Mereka inilah yang mengelola operasional apartemen dan berpengaruh besar pada tingkat kenyamanan calon penghuni. Property management yang kredibel juga berperan dalam meningkatkan harga jual atau sewa.  

Lakukan riset

Mengapa Anda harus melakukan research sebelum membeli apartemen? Tentu saja, karena hal ini agar Anda memiliki pengetahuan dasar mengenai harga Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP di sekitar daerah itu. Berapa harga sewa rata rata di daerah itu dan berapa besar kekuatan pengembang apartemen yang akan dibeli.

Satu manfaat paling penting dari research adalah, Anda sebagai calon pembeli tidak akan gampang diyakinkan oleh penjual karena sudah melakukan riset terlebih dahulu. Maka, dalam membeli Apartemen, Anda setidaknya akan terhindar dari penipuan dan berbagai masalah yang mungkin menimpa Anda di kemudian hari.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar