Rabu, 30 November 2011

Rumah Idaman “Masuk Desember, Siapkan "Waterproofing" Sekarang!” plus 2 more

Rumah Idaman “Masuk Desember, Siapkan "Waterproofing" Sekarang!” plus 2 more


Masuk Desember, Siapkan "Waterproofing" Sekarang!

Posted: 01 Dec 2011 06:18 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan Desember, curah hujan semakin tinggi. Bila rumah dalam keadaan tidak siap seperti terjadi kebocoran atap, ini akan menjadi saat-saat yang tidak menyenangkan berada di dalam rumah. Harus segera dipastikan, bahwa atap, dinding, dan sambungan (joint) dalam keadaan rapi, solid, tanpa retakan sehalus apapun.

Guna mengantisipasi kebocoran pada atap bangunan, diperlukan perencanaan yang tepat dan penggunaan material berkualitas. Salah satu material yang bisa dipakai untuk memastikannya adalah waterproofing (pelapis anti bocor/kedap air).

Bahan baku waterproofing dapat dibagi dalam empat golongan, yaitu polimer (akrilik), semen (cementitious) atau cairan aditif, membran, dan bitumen (aspal). Bentuknya bisa berupa pasta yang tinggal dikuaskan layaknya cat tembok, serbuk, dan cairan aditif atau lembaran (sheet).

Agar lebih praktis dalam penerapannya, tinggal dikuas atau di-roll ke bidang yang ingin dilapisi, Anda dapat menggunakan waterproof berbasis polimer (akrilik). Jenis pelapis ini merupakan waterproof berbahan dasar plastik yang elastis, namun bisa juga digunakan sebagai bahan cat tembok (dekoratif).

Ronald Octo Ruff Key, Account Manager PT Global Solusi Konstruksi, mengatakan, dengan bahan yang elastis, lapisan waterproofing akan mengikuti pemuaian dan penyusutan pada bangunan. Pelapis ini juga tidak getas sehingga bidang yang dilapisi tetap tertutup.

Ia menambahkan, waterproofing jenis ini tidak hanya direkomendasikan untuk tembok atau yang sejenis, tapi bisa diaplikasikan juga pada atap bangunan dan tempat-tempat yang berhubungan dengan air, seperti lantai kamar mandi, dak beton, kolam renang, dan lain-lain. Dengan rangkaian produk pelapis kedap air yang terdiri dari dua komponen bubuk komponen semen dan cairan polymer, pelapis ini akan melapisi permukaan dari rembesan air.

"Elastisitasnya cukup bagus, bisa dijadikan andalan untuk masalah kebocoran dan dinding rembes yang disebabkan karena curah hujan tinggi atau dinding yang berbatasan dengan air, atau karena plesteran dinding luar mudah ditembus air hujan dari luar sehingga bisa tembus ke dalam ruanga," ujarnya.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Menyulap Sudut Kamar Jadi Lebih Bernilai

Posted: 01 Dec 2011 05:45 AM PST

KOMPAS.com - Banyak cara untuk membuang bosan dengan furnitur dan aksesoris yang itu-itu saja di kamar tidur Anda. Salah satu cara bisa dilakukan adalah menampilkan koleksi-koleksi kesayangan Anda.

Anda bisa memanfaatkan area sudut kamar sebagai area penarik perhatian. Apalagi, area ini kerap dibiarkan kosong. Di sisi lain, seringkali barang koleksi lama tersimpan di dalam lemari tertutup, padahal tampilan dan warnanya mempesona jika dikenakan.

Untuk itu, jika memang sudah hingga rasa bosan dengan suasana kamar tidur Anda saat ini, Anda bisa menampilkan barang-barang koleksi sebagai elemen menyegarkan. Menampilkan koleksi pribadi yang cantik milik Anda sendiri tentu sah saja, bukan?

Di kamar ini, area sudut punya potensi sebagai pembuat aksen pada komposisi visual kamar. Di sisi tempat tidur atau sederet dengan televisi, area sudut bisa lebih enak dipandang mata setelah dipercantik dengan kumpulan koleksi Anda yang diletakkan pada satu rak.

Membuat sendiri rak untuk koleksi-koleksi Anda ini pun tak ada salahnya. Hanya saja, ada baiknya ukuran rak disesuaikan agar saat meletakkan koleksi masih terdapat ruang sehingga barang koleksi tetap nyaman dipandang.

Satu hal lagi, jangan paksakan barang-barang besar masuk dalam ke rak kecil, ini. Hal tersebut hanya akan merusak penampilan rak koleksi kesayangan Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Ini Lho, Manfaat Taman Air Menurut Feng Shui!

Posted: 01 Dec 2011 04:50 AM PST

KOMPAS.com - Kehadiran air sebagai habitat tanaman air, menurut Mas Dian MRE, pakar Feng Shui, dapat menangkap energi Chi yang baik, serta membantu mengalirkannya. Yang terbaik memang air mengalir, namun jika atas alasan tertentu hanya bisa dihadirkan air yang tak mengalir tetap memberi manfaat.

Menurut Mas Dian, ada 5 hal dalam pandangan Feng Shui terkait manfaat tanaman air, yaitu:

1. Sinar

Sinar pemantulan sinar matahari pada permukaan air akan menghasilkan cahaya. Cahaya ini akan dipantulkan ke area gelap di sekitar kolam air.

2. Suara cipratan air

Suara cipratan air akan menciptakan suasana yang menenangkan

3. Warna

Aneka warna yang hadir dari ragam tanaman air dan elemen taman lainnya memberi kesan tertentu pada taman.

4. Kehidupan

Hadirnya kehidupan dalam kolam dapat memberi manfaat. Kehadiran ikan dapat mendatangkan kemakmuran.

5. Air tak bergerak

Air yang diam akan memberi kesan menenangkan sehingga sangat cocok digunakan pada tempat yang terlalu aktif.

(Johana Erly Widyartanti)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar