Rabu, 24 Februari 2010

Rumah Idaman “Perumnas Diarahkan Jadi National Housing and Urban Development Corporation” plus 2 more

Rumah Idaman “Perumnas Diarahkan Jadi National Housing and Urban Development Corporation” plus 2 more


Perumnas Diarahkan Jadi National Housing and Urban Development Corporation

Posted: 24 Feb 2010 07:53 AM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

Rabu, 24/2/2010 | 15:53 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perumahan Rakyat berencana menarik investor asing melalui kerja sama dengan Pemerintah Singapura di bidang pengembangan kawasan serta perumahan. Untuk itu, Menpera mendesak Perumnas turut serta membantu pemerintah mengembangkan kawasan di daerah. Apalagi target pembangunan rumah yang dilakukan oleh Perumnas selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Demikian disampaikan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perum Perumnas bertemakan Perum Perumnas Menuju National Housing and Urban Development Corporation (NHUDC) di kantor Perum Perumnas, Jakarta, Rabu (24/2).

Sementara itu, Direktur Utama Perum Perumnas, Himawan Arief S menyatakan siap mendukung program pemerintah terkait pembangunan rumah bagi masyarakat. Sejak dibentuk tahun 1974, Perum Perumnas telah membangun perumahan di lebih dari 300 lokasi pada 157 kota di Indonesia dengan total hunian lebih dari 500.000 unit.

"Kami berharap dengan dukungan pemerintah, khususnya dari Kementerian Perumahan Rakyat, Perum Perumnas dapat berkembang menjadi National Housing and Urban Development Corporation (NHUDC) yang mampu menyediakan rumah bagi masyarakat," katanya.

Suharso meminta Perum Perumnas membentuk Divisi Perencanaan Kota atau Urban Planning Division, untuk membantu Pemda merancang konsep pembangunan kota. "Saya harap Perum Perumnas bisa membentuk divisi khusus yang merancang konsep pengembangan kota-kota. Sebab hingga saat ini banyak kota berkembang tanpa konsep yang jelas," ujar Menpera.

Perum Perumnas diminta mampu mengoptimalkan peran kantor cabang atau regional yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Perum Perumnas sebagai mitra kerja Kementerian Perumahan Rakyat juga harus dapat menjembatani serta melakukan koordinasi program perumahan yang dirancang pemerintah pusat bersama Pemda.

Divisi khusus yang menangani perencanaan kota ini diharapkan mampu memacu serta meningkatkan peran Perumnas di masa mendatang. "Perum Perumnas juga harus mampu mengelola ketersediaan lahan yang dimiliki serta menjaga keterjangkauan atau daya beli masyarakat terhadap rumah yang dibangun. Kalau perlu bangunan vertikal seperti rumah susun yang dikembangkan oleh Perum Perumnas bisa bertahan selama 50 hingga 100 tahun," tandasnya.

Konsep yang jelas
Dalam kaitan ini, Suharso mengatakan Pemda perlu memiliki konsep yang jelas dalam pembangunan kota. Pemda juga harus memiliki Perda yang mengatur secara jelas tata ruang maupun zonasi khusus untuk perumahan dan permukiman masyarakat.

Kemenpera akan terus mendorong peran Pemda dalam penyediaan rumah yang layak bagi masyarakat. Oleh karena itu pada tahun 2011, Kemenpera akan menyalurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perumahan dan permukiman. Untuk mendapatkan DAK tersebut, Pemda setidaknya sudah memiliki konsep pembangunan kota serta Perda Tata Ruang dan zonasi untuk pembangunan perumahan.

"Konsep pembangunan yang jelas diharapkan dapat membantu Pemda membangun daerahnya masing-masing. Jangan sampai pengembangan daerah dilakukan pengembang dan mekanisme pasar," tegas Menpera.

Menpera menambahkan, saat ini Pemda tidak bisa serta merta mengalihfungsikan lahan yang ada. "Apalagi setiap pembangunan yang dilakukan harus memiliki dasar hukum yang jelas. Perda Tata Ruang dapat mempermudah Pemda mengatur lahan yang masing dimiliki," tandasnya. (Sumber: kemenpera.go.id)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Hongkong Ambil Langkah Dinginkan Pasar Properti

Posted: 24 Feb 2010 06:49 AM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

Rabu, 24/2/2010 | 14:49 WIB

HONGKONG, KOMPAS.com - Hongkong mengumumkan akan memperkenalkan sejumlah langkah untuk mendinginkan pasar properti yang overheating, termasuk meningkatkan penyediaan lahan perumahan dan memberlakukan bea materai bagi apartemen mewah.

Pejabat Keuangan Hongkong, John Tsang mengatakan dalam pidato anggaran tahunannya hari Rabu (24/2/10) bahwa pemerintah prihatin atas kegilaan properti di Hongkong baru-baru ini, yang didukung masuknya dana 640 miliar dollar Hongkong (atau 82 miliar dollar AS) sehingga dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi.

"Jika arus modal itu berbalik atau suku bunga menguat kembali, harga aset akan menjadi tidak stabil. Kondisi ini pada gilirannya akan berdampak pada stabilitas sistem keuangan kita dan pemulihan ekonomi riil," kata John.

"Untuk mengurangi risiko spekulasi pasar properti mewah, bea materai untuk penjualan properti senilai lebih dari 20 juta dollar Hongkong akan dinaikkan dari 3,75 persen menjadi 4,25 persen mulai bulan April 2010," tandasnya.

Para pembeli apartemen mewah ini tidak diizinkan lagi menunda pembayaran bea materai.

"Aturan ini dapat diperpanjang bila spekulasi yang berlebihan terdeteksi dalam perdagangan properti yang lebih murah," ungkapnya.

Tsang mengatakan pemerintah juga berusaha meningkatkan pasokan lahan permukiman, dengan rencana melelang sejumlah kawasan permukiman perkotaan pada dua tahun ke depan jika kondisi pasar mengizinkan.

John Tsang juga berjanji mencegah ekspansi berlebihan dalam pinjaman hipotek. Dia menyebutkan akan meminta bank mengambil langkah lebih lanjut untuk memastikan permohonan pinjaman hipotek jika diperlukan.

Harga sejumlah apartemen mewah kembali pada puncaknya bulan Januari lalu, seperti booming tahun 1997. Sedangkan harga apartemen ukuran kecil dan sedang sekitar 23 persen lebih rendah.

"Langkah stimulus yang dilakukan pemerintah di seluruh dunia, telah meningkatkan likuiditas. Aliran dana besar masuk ke Asia, menyetir harga aset lebih tinggi," kata Tsang.   

China daratan juga mengalami kenaikan harga properti dengan kenaikan tercepat dalam 17 bulan pada bulan Desember lalu setelah Beijing mendorong pengurangan pajak. Persyaratan pembayaran uang muka dan pinjaman yang lebih rendah juga meningkatkan sektor ini. (AFP)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Resort Terpadu Marina Bay Sands Dibuka Bertahap Mulai 27 April

Posted: 24 Feb 2010 05:30 AM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

Rabu, 24/2/2010 | 13:30 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Las Vegas Sands mengumumkan rencana membuka tahap pertama resort terpadu Marina Bay Sands pada 27 April 2010. Sheldon Adelson, Chairman dan CEO Las Vegas Sands mengungkapkan, resor terpadu senilai 5,5 juta dollar AS itu akan segera dibuka dan langsung digunakan untuk sebagai tempat konferensi tahunan Inter-Pacific Bar Association, beberapa saat setelah lokasi itu dibuka.

Tahap kedua akan dibuka pada 23 Juni 2010, sebagai bagian dari grand opening. Pembukaan tahap kedua ini mencakup pembukaan SkyPark dan Event Plaza. Tanggal ini diumumkan dalam sebuah pernyataan di situs Las Vegas Sands.

Pada bulan Oktober,  salah satu dari teater state-of-the-art akan menggelar pertunjukan The Lion King-nya Disney. Teater kedua akan dibuka akhir tahun ini, dan akan menjadi tempat bagi berbagai acara khusus dan kegiatan utama yang terkenal.

Museum Marina Bay Sands yang menjadi ikon, diharapkan dibuka bulan Desember. Museum ini tidak hanya akan menampilkan pameran blockbuster internasional, tetapi juga berfungsi sebagai simbol selamat datang bagi tetamu, dengan teratai yang unik yang diilhami desain, dari seluruh dunia.  (Channel News Asia)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar