Minggu, 17 Juli 2011

Rumah Idaman “Batu, Penyeimbang "Softscape" dan "Hardscape"” plus 2 more

Rumah Idaman “Batu, Penyeimbang "Softscape" dan "Hardscape"” plus 2 more


Batu, Penyeimbang "Softscape" dan "Hardscape"

Posted: 18 Jul 2011 05:48 AM PDT

KOMPAS.com - Unsur batu, selain mempercantik tampilan hunian juga dapat menyeimbangkan elemen softscape dan hardscape. Meskipun terlihat keras dan tak menarik, banyak desainer tetap menggunakan bebatuan sebagai hiasan untuk taman atau kolam.

Karena keelokannya, batu alam menjadi bahan favorit untuk mendesain taman. Tampilan natural serta teksturnya menjadikan batu alam sebagai salah satu bahan dan hiasan dinding atau tembok kolam.

Namun, karena jenis bebatuan di Indonesia begitu banyak, ada baiknya sebelum mengaplikasikan bebatuan dalam taman dan kolam pada hunian Anda, kenali dulu beberapa jenis bebatuan tersebut. Pemilihan ini tentu untuk menyesuaikan bentuk kolam dan batuannya agar elok dipandang.

Batu Andesit

Sifat batu ini padat dan tahan terhadap cuaca, serta lumut. Batu ini cocok digunakan untuk kolam dan taman.

Batu Templek

Batu templek akan tampak indah disusun dengan random untuk mempercantik kolom dan dinding.

Batu Palimanan

Warna didominasi nuansa krem dengan corak batik berwarna coklat, dan sifatnya yang empuk menjadi keistimewaan batu ini. Palimanan juga dapat beradaptasi dengan elemen interior dan eksterior karena cocok pada permukaan atau dinding kolam sebagai pilar.

Batu Candi

Kerap digunakan untuk ornamen berupa candi, stupa, dan patung, batuan ini sangat memberikan kesan alami. Walaupun mudah terserang lumut, batu ini sering digunakan sebagai bahan dari elemen eksterior untuk taman dan kolam.

Batu Paras Jogja

Selain untuk bangunan, batu putih berparas cantik dan alami ini banyak digunakan untuk mempercantik tampilan kolam. Sifatnya yang empuk menjadikannya favorit para pematung atau pemahat batu untuk menjadikannya sebagai elemen eksterior. Ada baiknya, Anda menambahkan lapisan coating pada permukaannya jika ingin menggunakan batu ini.

Batu Hijau Sukabumi

Batu ni diaplikasikan sebagai lapisan dari kolam renang. Warna hijaunya sangat sejuk dipandang mata dipadu dengan air yang memenuhinya. Anda bisa menggunakannya pada pagar, dinding, taman, pilar, dan lain-lain.

Batu Marmer Merah (Pacitaroso)

Warna cerahnya membuat batu marmer ini favorit di masyarakat. Batu ini pun sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan untuk mempercantik bangunan kolam. Jenis batu marmer merah masih digunakan sebagai bahan elemen interior dan eksterior.

Batu Marmer Ujung Pandang

Batu yang berasal dari Makassar ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan main floor atau lantai utama. Warna kremnya sangat serasi dengar warna furnitur di sekitarnya. Kualitasnya tidak kalah dengan jenis batu marmer impor.

Batu Koral Sikat

Batu berbentuk kecil bulat ini memiliki banyak warna corak. Harga yang ekonomis cocok digunakan untuk mempercantik teras, kolam, dan tampilan taman.

Nah, siap memilih batu untuk mempercantik hunian Anda?

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Target Perumnas, 36.000 Rumah Murah di 2012!

Posted: 18 Jul 2011 04:48 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Perum Perumnas menargetkan peningkatan kinerja perusahaan melalui sinergi dengan pemerintah, swasta, dan dunia usaha pada 2011. Hal itu diungkapkan dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-37 Perumnas di Jakarta, Senin (18/7/2011).

Untuk mencapai target ini, Perumnas melakukan sinergi dengan pemerintah daerah melalui pemanfaatan lahan di beberapa kota di Indonesia.

-- Himawan Arif

Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arif mengemukakan, kinerja keuangan Perumnas terus meningkat dalam empat tahun terakhir. Pertumbuhan penjualan rata-rata 40 persen per tahun, sedangkan pertumbuhan laba 50 persen per tahun. Tahun 2012, pihaknya menargetkan pembangunan rumah murah sebanyak 36.000 unit.

"Untuk mencapai target ini, Perumnas melakukan sinergi dengan pemerintah daerah melalui pemanfaatan lahan di beberapa kota di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, pihaknya berkomitmen mengembangkan rumah susun di perkotaan dan pengembangan kota baru Maja/Parung Panjang. Investor asal China, Mettalurgical Corporation of China, siap menggarap program rumah rakyat mulai 2012.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Hiasan-hiasan Kolam yang Perlu Dipertimbangkan

Posted: 18 Jul 2011 04:32 AM PDT

KOMPAS.com - Membuat kolam di dalam hunian Anda memang hanya pilihan untuk menambah suasana sejuk dan indah. Keindahan itu juga akan tampak semakin elok setelah menggunakan hiasan-hiasan natural.

Membuat kolam ikan tidak cukup hanya memperhatikan unsur pembuatannya, melainkan juga unsur keindahan atau faktor estetikanya, terutama jika dikaitkan dengan pemilihan aksesoris kolam. Alhasil, bukan soal memilih bahan aksesoris yang bebas kandungan kimia berbahaya buat ikan-ikan Anda, melainkan juga sisi keindahannya sebagai pengobat stres penikmatnya. 

Bunga

Bunga adalah salah satu hiasan kolam yang banyak digunakan. Namun, ada baiknya memilih bunga teratai, karena bunga ini mempunyai bunga berwarna indah. Selain itu, akar teratai juga bisa dijadikan sebagai pakan untuk ikan, sementara daunnya berfungsi mengurangi radiasi matahari dan menetralisir air di dalam kolam.

Batu-Batuan

Anda bisa menggunakan batu alam untuk dijadikan dinding-dinding kolam, semisal batu kali. Batu kali dapat mengurangi jumlah lumut dalam kolam ikan Anda. Sementara untuk dekorasi luar kolam, Anda bisa menggunakan batu palimanan atau batu candi. Namun, hindari pemakaian cat pada batu-batuan yang Anda gunakan itu karena cat mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi ikan.

Gulma

Gulma atau rumput liar merupakan salah satu tanaman liar yang bisa ditampilkan sebagai hiasan kolam ikan. Dan, selain sebagai hiasan, Anda boleh menanamnya di tepian kolam untuk mengurangi erosi dan membuat tanah di sekitar kolam tetap subur.

Selain yang di atas, Anda perlu memperhatikan fungsi-fungsi aksesoris kolam, pompa air, saluran pembuangan, dan suplai air untuk selalu dijaga. Filter untuk kolam ikan hias misalnya, mutlak harus selalu bersih. Begitu juga dengan pembuangan kotorannya.

Sistem saringan air juga penting untuk menjaga air tetap bersih. Setiap minggu kolam harus dibersihkan dari lumut dan sebulan sekali harus dikuras airnya. Tentunya, hal ini patut dilakukan agar kolam tetap layak menjadi "rumah" bagi ikan-ikan kesayangan Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar