Minggu, 31 Juli 2011

Rumah Idaman “Manfaat "Menggantung" Sirih Belanda” plus 2 more

Rumah Idaman “Manfaat "Menggantung" Sirih Belanda” plus 2 more


Manfaat "Menggantung" Sirih Belanda

Posted: 01 Aug 2011 05:43 AM PDT

KOMPAS.com - Mau tampilan rumah lebih hijau saat hari raya Idul Fitri nanti? Manfaatkan saja dengan langkah sederhana, misalnya memanfaatkan tanaman yang telah ada, kemudian "digantung". Hasilnya, pandangan hijau kekuningan melayang di teras rumah.

Banyak tanaman bisa diterapkan untuk pot gantung. Namun, satu yang praktis dan mudah dilakukan adalah menggantung tanaman sirih.

Tanaman sirih yang dipilih adalah jenis Sirih Belanda (epipremnum aureum). Selain memiliki kelebihan gerakan merambat dengan cepat, warna daun kuning atau hijau kekuningan ini berfungsi sebagai salah satu tanaman antipolutan dengan kapasitas penyerapan yang besar.

Untuk menggantung Sirih Belanda ini, Anda bisa menyiapkan pot-pot kecil yang disesuaikan dengan ukuran tanaman. Pot kemudian siap digantung, sementara rambatan Sirih Belanda akan menjuntai ke bawah.

Carilah pot dengan wadah air di bawahnya. Air pada wadah bisa menjaga kelembaban tanaman. Pastikan juga memiliki gantungan yang kuat, agar pot tidak merosot jatuh dan pecah.

Harga Sirih Belanda relatif murah, yaitu sekitar Rp 7.500 - Rp 15.000 per kantong, tergantung ukuran tanaman. Tanaman ini akan menyerap polutan di sekitar rumah dalam jumlah banyak.

Namun, saat terlalu banyak yang diserap daunnya akan jenuh dan menua. Daun seperti inilah yang wajib Anda pangkas, agar daun muda Sirih Belanda bisa tumbuh lagi. Teras kini lebih hijau, udara pun jadi segar. Selamat mencoba!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Upsss... Jangan Salah Menempatkan Kaligrafi!

Posted: 01 Aug 2011 04:58 AM PDT

KOMPAS.com - Menyambut bulan suci Ramadhan tentu Anda ingin semua hal bernuansa Ramadhan. Keinginan itu tak terkecuali mengarah pada interior rumah Anda, bukan? 

Tak salah, memang, Anda menata kembali ruangan di rumah Anda agar lebih bernuansa Ramadhan karena ingin menambah kekhusyukan menjalankan ibadah puasa. Berbagai macam pilihan interior pun bisa membantu Anda mendapat suasana baru yang "damai" itu. Sebutlah misalnya, kaligrafi Arab yang bisa dipilih untuk menunjang pelaksanaan ibadah agar lebih khusyuk.

Namun perlu diingat, Anda jangan salah menempatkan aksesoris-aksesoris kaligrafi tersebut. Penempatan aksesoris yang keliru dapat mengganggu harmonisasi ruang.

Kaligrafi tidak selalu harus diletakkan di dalam musola yang dibangun di rumah. Di ruang lain pun kaligrafi dapat menjadi pilihan Anda berkreasi, terutama di ruang keluarga dan ruang tamu. Berikut adalah beberapa pilihan desain kaligrafi yang layak Anda terapkan di bulan suci Ramadhan tahun ini.

Throw

Throw atau kain yang disampirkan di sofa dalam menjadi pilihan menarik. Dengan warna dan gaya yang bernuansa Islami, Anda bia menempatkan sebuah throw berwarna hijau tua untuk melambangkan kesejukan bulan Ramadhan.

Taplak dan toples Turki

Untuk sementara ini, Anda bisa menyingkirkan majalah atau koran yang biasa menumpuk di atas meja ruang tamu. Dengan melapiskan meja memakai taplak bernuansa Islami, Anda kini bisa meletakkan toples Turki berbahan kristal hijau dengan kurma kering atau penganan kue kering lain yang biasa dikonsumsi di bulan Ramadhan.

Tafsir AlQur'an Antik

Selain untuk memudahkan Anda meraihnya, tafsir Alqur'an antik ini bisa dijadikan penyemangat suasana Ramadhan di ruang tamu Anda. Sebagai tambahan, Ansa bisa menyiapkan pernak-pernik antik bernuansa religius seperti dudukan Alqur'an. Ini bisa menjadi aksesori interior di bulan Ramadhan sehingga tidak selalu harus ada kaligrafi di dinding.

Permadani Persia

Untuk lantai, Anda tak perlu repot merusak ubin atau tegel yang sudah terpasang. Anda cukup menempatkan permadani sebagai lantai baru di ruang tamu.

Pilihlah warna coklat dengan ukiran hijau dan emas di pinggiran permadani. Hal ini akan mempertegas nuansa Ramadhan di ruang tamu. Selain itu, Anda juga tak perlu repot lagi untuk memikirkan suasana baru di hari raya Lebaran nanti. Permadani bercorak coklat akan tampak selalu baru sehingga bisa dipakai hingga lebaran tiba.

Nah, mari kita bersiap-siap menjalankan ibadah Ramadhan ini dengan nuansa baru yang sesuai dengan cita rasa Anda sekeluarga. Selamat berpuasa!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Rumah Seharga Rp 26 Juta Bakal Dibangun 1000 Unit

Posted: 01 Aug 2011 03:54 AM PDT

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - PT Cipta Griya Sarana Asri, pengembang rumah murah di Balikpapan, Kalimantan Timur, optimistis bisa melanjutkan pembangunan proyek 1.000 unit rumah sejahtera tapak di kawasan Batakan, Balikpapan Timur. Pembiayaan kredit kepemilikan rumah sejahtera tapak (RST) seharga Rp 26 juta ini menggunakan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

"Memang, belum keluar aturan teknis atau surat keputusan bersama menteri-menteri mengenai rumah murah. Namun, yang kami gunakan untuk kredit kepemilikan adalah FL PP yang sudah dijalankan pemerintah," kata Karel Soekma Jaya, Direktur Utama PT Cipta Griya Sarana Asri, Minggu (31/7/2011) di Balikpapan.

Bahkan, lanjut Karel, telah ada lima bank yang siap menyalurkan kredit FLPP, yakni BTN, BTN Syariah, Bukopin, Bank Kaltim, dan Bank Jabar Banten. Syarat untuk mendapat FLPP antara lain gaji pokok tidak melebihi Rp 2,5 juta per bulan, dan pokok kredit maksimal Rp 80 juta. Dengan RST yang hendak dibuat PT Cipta seharga Rp 26 juta per unit, Karel yakin FLPP bisa dengan mudah didapat.

Peminat tinggi

Sejak mengumumkan pembangunan RST beberapa pekan lalu, warga Balikpapan langsung merespons. Telah terdaftar sekitar 4.500 peminat, alias jauh melebihi jumlah unit RST. Dengan cicilan per bulan Rp 300.000 dan tanpa uang muka, hal itu merupakan sesuatu yang dicari warga Balikpapan kelas menengah ke bawah.

Rangka rumah tipe 36 di atas lahan 108 meter persegi ini terbuat dari baja ringan model knock down. Dindingnya dari bahan fiber semen (kalsibot) dan beratap genteng metal.

Menurut Karel, harga rumah bisa hanya Rp 26 juta karena pihaknya menghibahkan 1,4 hektar lahan. Dengan kata lain, ia sebenarnya rugi jika menjalankan. Namun, ada tujuan yang hendak dicapai, yakni menunjukkan kepada pemerintah bahwa ada developer mau dan bisa membangun rumah untuk warga miskin non-PNS. Selama ini hanya PNS yang diperhatikan pemerintah.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Tata Kota dan Perumahan Balikpapan, Heri Misnoto, mengingatkan, pemerintah pusat sebenarnya belum mengeluarkan landasan hukum dan petunjuk teknis program rumah murah. Developer jangan terburu-buru yakin akan mendapat kucuran dana dari pemerintah.

"Itu baru tentang aturannya. Belum lagi tentang bagaimana kesiapan sarana dan prasarana. Kemudian, tentang seleksi siapa saja yang bisa mendapat perumahan tersebut. Kami rasa akan sulit, karena harus mengeliminasi banyak orang," ujar Heri. (PRA)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar