Kamis, 18 November 2010

Rumah Idaman “Mozaik Dinding Fasad: Cantik Berkilau dan Mudah Dibersihkan” plus 2 more

Rumah Idaman “Mozaik Dinding Fasad: Cantik Berkilau dan Mudah Dibersihkan” plus 2 more


Mozaik Dinding Fasad: Cantik Berkilau dan Mudah Dibersihkan

Posted: 18 Nov 2010 02:08 PM PST

KOMPAS.com - Mozaik biasanya digunakan untuk melapis dinding kamar mandi atau backsplash  dapur. Tidak umum untuk

Tidak umum bukan berarti tidak bagus. Contohnya di rumah ini. Pemilik rumah sukses mempercantik fasad rumahnya dengan menggunakan mozaik. Ia menggunakannya untuk melapis dinding bagian atas fasad.

Mozaik dengan kombinasi warna hitam, putih dan keabuan itu dikombinasi dengan kerikil dan batu alam yang berwarna senada. Pas sekali Untuk menempel mozaik ini ke dinding, pemilik rumah menggunakan semen instan. Mudah. Cukup oles semen ke dinding, ratakan dengan roskam, lalu tempel lembaran mozaik.

Penting untuk diperhatikan, jika Anda juga berencana menggunakan mozaik, sebaiknya perekat yang dipakai adalah semen putih. Khususnya jika mozaik bening atau transparan. Penggunaan semen portland  yang berwarna kehitaman akan membuat mozaik terlihat lebih gelap.

Soal perawatan dan daya tahan, Anda tak usah khawatir. Untuk dinding kamar mandi dan dapur saja kuat apalagi untuk fasad. Membersihkan mozaik juga mudah, cukup di lap dengan lap kering atau disiram untuk menghilangkan debu yang melekat. Tertarik? Silakan dicoba.  (Tigor C. Siahaan/iDEA)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Mengenal Letak dan Fungsi Teras

Posted: 18 Nov 2010 01:58 PM PST

KOMPAS.com - Teras tak hanya di depan. Pun tak cuma berfungsi sebagai ruang tunggu tamu. Kenali lebih dekat, letak dan fungsi teras. 

Ruang peralihan dari ruang luar menuju ruang dalam atau sebaliknya, yang dinaungi atap, dengan satu atau dua dinding. Area inilah yang lazim kita kenal dengan sebutan teras. Letaknya bisa di depan, di samping atau di belakang rumah. Fungsinya beragam, tergantung dimana posisi teras berada.

Teras depan berfungsi sebagai ruang penerima tamu atau area tunggu sebelum tamu dipersilakan masuk. Teras samping bisa menjadi tempat untuk bersantai. Teras belakang, karena posisinya yang lebih tertutup, bisa menjadi ruang makan, tempat melakukan aktivitas hobi dan kumpul keluarga. Teras juga berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara dan area memasukkan cahaya ke dalam rumah.

Rumah berlahan terbatas umumnya memang hanya memiliki teras depan. Teras samping biasa ditemukan pada rumah-rumah yang kebetulan berada di lahan hoek. Sedangkan rumah-rumah berlahan besar bisa memiliki tiga teras sekaligus, depan, samping, dan belakang.

Atas alasan beragam fungsi dan letak teras ini, sebelum membangun teras, perhatikan kira-kira dimana teras ditempatkan. Teras depan, karena menjadi bagian dari fasad, sebaiknya memiliki karakter yang senafas dengan bangunan. Teras samping dan belakang bisa lebih mengutamakan fungsi dan kenyamanan. Meski begitu, semua teras sebaiknya dibangun dengan konsep yang jelas sesuai fungsi yang ada padanya. (Dewi Kartini/iDEA) 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Pameran Desain ID, Wahana Berbagi Inspirasi dan Inovasi Desain Interior

Posted: 18 Nov 2010 10:33 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain.ID sebuah pameran dan konferensi desain dibuka untuk kali pertama hari Kamis (18/11/10). Pameran yang akan berlangsung pada 18 hingga 21 November 2010 ini merupakan hasil kerja sama Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) dengan Dyandra Promosindo.

Pameran yang mengambil tema "Decoding Space + Experience" ini dirancang dan diselenggarakan sebagai forum internasional pertama sebagai wahana berbagi inspirasi dan inovasi desain dan bisnis. Serta secara khusus pameran yang mencakup area Assembly, Plenary Hall dan Main Lobby di Jakarta Convention Centre (JCC) ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan inspirasi profesi desain interior Indonesia ke masyarakat luas.

Desain.ID dibuka secara resmi pagi ini oleh Dirjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum, Ir. Budi Yuwono PS, Dipl. S.E. dan dihadiri beberapa pejabat negara lainnya. Kehadiran pejabat negara ini menandakan besarnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan industri desain interior nasional.

Budi Yuwono menyampaikan penghargaannya atas penyelenggaraan pameran Desain.ID yang diharapkannya dapat memberikan gambaran dan edukasi tentang kemajuan dunia industri desain interior saat ini. Budi menegaskan, untuk menghadapi perkembangan dan tantangan dari dunia industri interior, pendidikan desain interior di Indonesia diharapkan dapat menghasilkan tenaga desainer profesional yang mampu berkiprah di bidangnya dan juga bersaing dengan para desainer interior asing.

Budi menambahkan, saat ini pemerintah telah menyelenggarakan pembinaan bangunan gedung secara nasional untuk meningkatkan pemenuhan persyaratan dan tertib penyelenggaraan bangunan gedung, untuk mentertibkan dan mencapai keandalan bangunan gedung sesuai dengan fungsinya, serta terwujudnya kepastian hukum

"Saya berharap HDII dengan pameran Desain.ID ini dapat terus meningkatkan kemampuan profesional dan menemukan inovasi-inovasi dalam perancangan interior, dis amping untuk menghindarkan terjadinya kegagalan konstruksi dan juga untuk meningkatkan daya saing terhadap desainer interior asing" tegas Budi Yuwono.

Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) sebagai penyelenggara berharap melalui pameran Desain.ID ini, HDII ingin memperkenalkan indusri desain interior kepada masyarakat luas, pameran ini diharapkan juga memberikan nilai edukasi kepada para peserta dan pengunjung.

Ketua Umum HDII, Arjon mengemukakan tujuan pameran Desain.ID ini untuk meningkatkan standar desain interior serta mutu pelaksanaan profesi desainer interior, meningkatkan kontribusi desain interior bagi kehidupan masyarakat serta melayani kebutuhan para desainer interior terutama untuk mempromosikan bidang keahlian dan sasaran kegiatannya.

"Dengan mengangkat Decoding Space + Experience sebagai tema dari pameran ini, HDII selaku penyelenggara memfokuskan pada pengkajian berbagai cara designer dan para ahli menciptakan ruang dari keberagaman multikultural yang menarik dan inovatif," ungkap Arjon.

Tidak hanya menampilkan karya para desainer dan industri, Desain.ID yang akan berlangsung selama empat hari ke depan juga akan menghadirkan dengan beragam kegiatan pendukung antara lain seminar, konferensi, diskusi buku, workshop, kompetisi desain, serta berbagai macam acara pendukung lainnya. Dim ana dalam kegiatan-kegiatan tersebut Desain.ID mengundang pembicara internasional dan juga nasional untuk berpartisipasi membagi pandangan dan pengalaman mereka, seperti Claude Barube, Geoff Fizzpatrick, Laretna T. Adhisakti, Budi Faisal, Dwi Nita, Imelda Akmal, Jerry Aurum dan lainnya.

Farida Alaydroes Chairman Desain.ID, Irvan Noe'man Steering Committee Desain.ID. dan Andreas Laratsemi Ketua Organizing Committee, berharap acara ini menjadi langkah awal akan kontinuitas sebuah wadah pertemuan antara industri, para desainer dan masyarakat luas yang dapat memberikan inspirasi tanpa batas di tahun - tahun mendatang dan mengekspos nama Indonesia di mata dunia dengan nilai budaya yang tinggi, kaya dan indah. 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar