Jumat, 02 September 2011

Rumah Idaman “Hidup Sehat Awali Dari Dapur” plus 2 more

Rumah Idaman “Hidup Sehat Awali Dari Dapur” plus 2 more


Hidup Sehat Awali Dari Dapur

Posted: 02 Sep 2011 12:55 PM PDT

KOMPAS.com - Dapur berperanan penting sebagai tempat pengolahan makanan bagi seluruh anggota keluarga. Memperhatikan apa saja yang ada di dapur serta bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan diri dan keluarga sangat penting artinya.

Untuk mengawali hidup sehat dari dapur, mulailah memperhatikan empat poin dasar dapur sehat dan ramah lingkungan. Pertama, perhatikan unsur penghawaan.

Usahakan dapur memiliki sirkulasi pertukaran udara yang baik mengingat polusi udara dari kegiatan memasak.

Kedua, perhatikanlah aspek pencahayaan dalam dapur. Usahakan dapur dalam keadaan terang dengan intensitas cahaya yang cukup.

Ketiga, pilihlah material yang ramah lingkungan untuk furnitur dapur, perangkat memasak, juga elemen dekoratif di dapur.

Keempat, perhatikan dekorasi dapur Anda. Memberi sentuhan yang berbeda seperti penataan kitchen set membuat dapur jadi tempat menyenangkan. (Astri Diana)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Tanaman Pemanis di Taman Minimalis

Posted: 02 Sep 2011 11:49 AM PDT

KOMPAS.com - Agar taman minimalis tidak terkesan kaku, siasati lewat pemilihan tanamannya. Tanaman yang ringan, tidak rimbun, dan memiliki ranting teratur cocok untuk jenis taman minimalis.

Berikut tanaman yang berciri-ciri tersebut di atas untuk taman minimalis Anda:

Bambu Buda Belly (Bambusa tuldoides 'Ventricosa')

Bentuk batangnya berlekuk seperti perut, makanya dinamai belly. Kerap dijadikan tanaman kunci (key plant) dengan menonjolkan lekuk batangnya. Bambu asal Cina ini mencapai tinggi 17 meter. Bila ditanam dalam kondisi miskin unsur hara, maka jarak antarbuku memendek dan batang akan berlekuk.

Mimosa Silver (Acacia podalyriifolia)

Asalnya dari Malaysia dan negara-negara lain di Asia. Banyak ditanam juga di Australia, sehingga nama umumnya Queensland Silver Wattle. Di Indonesia disebut sebagai mimosa karena bunganya bentuknya mirip dengan putri malu (Mimosa pudical), kerap ditanam sebagai screen dan pelunak dinding. Daun berwarna putih (perak), tumbuh sepanjang tahun, dan ibiakkan dengan cangkok atau biji.

Tabebuia (Tabebuia aurea)

Keluarga Bignoniaceae dengan tinggi sampai 7 meter. Bunganya berwarna kuning serempak, berbunga saat musim pancaroba.  Pertumbuhan Tabebuia lambat, tetapi batangnya kuat. Oleh karena itu, tanaman ini pas untuk taman minimalis yang tak perlu memerlukan banyak perawatan (pemangkasan). Dapat ditanam dengan cangkok.

Selain tumbuh-tumbuhan di atas, Anda juga dapat menghiasi taman minimalis dengan semak maupun perdu. Jenis tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman pengisi atau pembatas taman. Berikut ini jenis-jenis yang cocok untuk taman minimalis:

Carrubean Copper Plant (Euphorbia cotinifolia)

Kerap diasumsikan sebagai pohon karena sosoknya yang tinggi mencapai 3 meter. Sementara itu, para ahli botani mengelompokkannya sebagai semak tinggi karena batangnya yang tidak berkayu. Tumbuhan ini merupakan salah satu dari jenis marga Euphorbia dengan daun berwarna merah dan bergetah susu.

Siklok (Agave attenuata)

Keluarga Agaveceae punya anggota 166 jenis. Attenuata termasuk salah satu jenis yang kerap digunakan untuk tanaman taman. Daunnya runcing dengan pangkal batang agak kuat dan berwarna hijau keputihan, pinggir daunnya tidak berduri. Tanaman ini tahan panas dan kering.

Iris (Iris pseudacorus)

Bunganya berwarna kuning dengan kelir daun hijau berbentuk pita. Keluarga Iridaceae ini berasal dari Eropa dan Asia. Tumbuh di tanah yang lembap dan tak tahan kering. Dapat difungsikan sebagai pembatas maupun pengisi taman minimalis. Ada juga yang menanamnya dalam pot.

Nanas Hias (Ananas comosus)

Keluarga nanas-nanasan (Bromeliaceae) ini merupakan satu jenis dengan nanas buah, tetapi berbeda varian. Nanas hias ini berbuah sebagaimana nanas buah, tetapi ukurannya kecil. Tahan panas dan kering, biasanya ditanam sebagai aksen yang disandingkan dengan hard material seperti batu maupun semen.

Melati Air (Echinodorus phalaefolius)

Keluarga Alismataceae, berbunga putih seperti melati, tertata pada tangkai bunga yang panjang. Daun lebar, permukaannya kasar. Tidak hanya ditanam di kolam, melati air kerap ditanam di pot. Untuk menanamnya, pot tidak berlubang agar media sela basah dan berlumpur.

Dracena tricolor

Sosoknya sama dengan Song of Jamaica, hanya bentuk daunnya lebih runcing. Tiap helainya terdiri dari tiga warna, yakni coklat, merah dan hijau. Tricolor digunakan untuk tanaman kunci di pinggir gerbang taman. Sesekali dipadu dengan Dracaena hijau.

Bawang Brojol (Zephyranthes grandiflora)

Terkenal dengan sebutan "Rain Lily", jika berbunga serempak seperti hujan bunga lili. Bentuknya pun mirip bunga lili, meskipun ukurannya lebih kecil. Dibiakkan dengan umbi, berbunga sepanjang tahun dengan perlakuan khusus serta enyukai sinar matahari langsung dan kering.

(G. Sujayanto/ Majalah Garden)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Sejuk dan Segar di Rumah Tropis

Posted: 02 Sep 2011 11:26 AM PDT

KOMPAS.com - Tinggal di negara beriklim tropis harus rela berhadapan dengan teriknya sinar matahari. Namun, terkadang panasnya pancaran matahari akan menembus masuk ke dalam rumah lantas menghadirkan rasa panas dan gerah.

Agar rumah tetap sejuk dan segar meski cuaca dan suasana panas, cobalah menyiasatinya dengan beberapa cara berikut:

1. Buat plafon yang tinggi

Buatlah plafon minimal tiga meter, tujuannya agar volume ruang besar dan udara pun mengalir dengan lancar. Jarak antara lantai dan plafon akan membuat udara bebas bergerak pada ruang kosong.

Cara ini kerap digunakan untuk menyiasati rumah dengan lahan terbatas agar membantu memberi efek ruangan menjadi lebih lapang.

2. Membuat jendela pada sisi berbeda

Untuk melancarkan jalannya aliran udara, peletakkan jendela bisa disesuaikan dengan arah datangnya angin. Apabila posisi jendela terlanjur tidak sesuai dengan arah datangnya angin, gunakan tanaman yang cukup tinggi sebagai pembelok angin. Letakkan tanaman secara tepat agar aliran udara tidak terhambat.

3. Pakai sistem bukaan pivot

Sistem bukaan pivot memungkinkan udara lebih banyak masuk ketimbang memakai sistem bukaan atas bawah. Dengan desain seperti ini akan menentukan banyaknya udara yang masuk ke rumah.

4. Tata Interior dengan konsep minim sekat

Agar sirkulasi udara merata ke seluruh ruangan, penataan konsep interior sebaiknya dengan konsep minim sekat. Bila ingin membuat ruang pribadi pada salah satu ruangan, gunakanlah sekat yang bersifat tidak masif, bambu misalnya.

5. Letakkan Furnitur secara tepat

Penempatan furnitur memiliki peranan penting untuk memaksimalkan lancarnya aliran udara. Hindari meletakkan furnitur dengan ukuran besar seperti lemari di tengah ruangan, karena dapat menghambat aliran udara dalam ruangan. (ADT)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: A 'Malign Intellectual Subculture' - George Monbiot Smears Chomsky, Herman, Peterson, Pilger And Media Lens.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar