Rabu, 11 Mei 2011

Rumah Idaman “Ayo Menghemat Air!” plus 2 more

Rumah Idaman “Ayo Menghemat Air!” plus 2 more


Ayo Menghemat Air!

Posted: 12 May 2011 05:50 AM PDT

KOMPAS.com - Air merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan. Tanpa air, wah bisa dibayangkan aktifitas kita akan seperti apa. Sudah banyak contohnya di belahan dunia yang lain, di mana orang akhirnya menderita karena kekurangan pasokan air.

Di Jakarta sendiri, penggunaan air tanah berlebihan dan maraknya pembangunan menyebabkan permukaan tanah menurun. Ini mengakibatkan pasokan air tanah untuk kebutuhan hidup berkurang. Akibatnya? Kita kekurangan air bersih.

Solusinya ialah penghematan air sejak dini. Anda bisa menjadi bagian dari gerakan penghematan ini. Mari dimulai dari yang paling mudah:

Periksa kondisi sambungan antara pipa air dan keran air, pada setiap titik saluran air di dalam rumah. Jika ada kebocoran segera ambil langkah-langkah untuk mengatasi seperti menambal.

Simpan air bekas mencuci piring. Bila Anda menggunakan bak cuci piring "double sink" akan lebih hemat air karena air keran tak perlu selalu mengucur saat mencuci. Gunakan satu ember di salah satu bak cuci piring, buang air bekas cucian untuk menyiram tanaman.

Masukkan botol air di tangki WC. Ini merupakan cara efektif, mudah, dan murah mengurangi penggunaan air saat mengguyur. Dalam 1 hari, sebanyak 2,5 botol galon air bersih dibuang untuk membilas toilet. Dengan cara ini jadi irit 15 - 20 liter per hari.

Mandi dengan pancuran lebih irit daripada mandi di bathtub. Mandi dengan bathtub bisa menghabiskan air sampai 60 liter.

Gosok gigi dengan keran tertutup. Bila membiarkan keran terbuka sepanjang satu menit saja artinya membuang 1 botol galon air bersih dalam sehari.

Pakailah keran otomatis atau keran sekali sentuh. Dengan keran ini bisa menghemat air sampai 85 persen per hari.

Membuat lubang biopori. Lubang ini akan mengikat air saat hujan. Air kemudian diikat sebagai sumber air tanah dan bisa menjadi suplai air bersih.

Memasang talang air. Dengan adanya talang, air hujan dapat disalurkan ke bidang yang lebih rendah misalnya selokan. Atau lebih baik lagi masuk ke sumur resapan.

Pakailah toilet dengan sistem "dual flush" dimana sistem pembilasannya terdiri atas dua pilihan sesuai dengan kebutuhan. (Sumber: greenlifestyle/Natalia Ririh)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Sentuhan Elemen Air di Ruang Keluarga

Posted: 11 May 2011 09:58 AM PDT

KOMPAS.com - Bila mendengar gemericik air, bagaimana perasaan Anda? Tenang dan sejuk jawabannya. Nuansa tenang dan sejuk ini bisa Anda aplikasikan dalam ruang keluarga. Acara berkumpul bersama keluarga akan semakin menyenangkan.

Seperti Anda ketahui, elemen air sebagai salah satu cara kedekatan dengan alam di dalam hunian memiliki karakter kuat. Dari segi estetika, air membawa nilai keindahan. Sementara dari sisi psikologis, air membawa efek menentramkan dan meneduhkan.

Aplikasi elemen air di dalam rumah biasanya diwujudkan lewat kolam ikan atau kolam dengan air mancur. Di kedua bidang ini pastinya memerlukan lahan yang cukup untuk kolamnya. Maka penempatannya bisa di lahan belakang rumah atau halaman depan.

Inspirasi elemen air seperti terlihat pada gambar, adalah waterfall mini di area ruang keluarga. Ruang keluarga ini seolah memadukan area basah dan kering. Area basah menempatkan meja kursi berbentuk balok dilengkapi waterfall mini. Air yang jatuh kebawah akan membasahi batu-batu alam dan lantai kayu. Jadi Anda bisa bersantai dengan duduk-duduk di area basah ini.

Sementara untuk tatanan ruang keluarga yang kering, tetap terlihat hangat lewat pencahayaan dan interior di dalamnya. Sofa empuk dan karpet putih semakin menguatkan kesan hangat. Meski sedikit terpisah, Anda tetap dapat menikmati gemericik air meski di area ruang keluarga yang hangat. (Natalia Ririh)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Apartemen Menengah Tumbuh Subur

Posted: 11 May 2011 06:41 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi V DPR RI Josef A Nae Soi mengatakan, pembangunan apartemen kelas menengah ke bawah pada saat ini tumbuh subur sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dengan harga terjangkau.

"Saya sangat mendukung pembangunan apartemen kelas menengah ke bawah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan harga yang terjangkau," kata Josef di Jakarta, Rabu.

Saat ini Perumnas menggandeng PT Triputra Multi Graha Pertiwi mengarap proyek Kerja Sama Usaha (KSU) Centerpoint Apartement yang berlokasi di Bekasi.

Manajer Pemasaran Apartement Centerpoint Ari Item mengatakan, proyek Apartement Centerpoint merupakan bagian dari komitmen Perumnas untuk menyediakan rumah susun layak huni kepada masyarakat segmen menengah ke bawah.

Apartemen Centerpoint dibangun di atas lahan seluas mencapai 1,3 hektare dan akan dibangun empat tower. Pola pembangunan bertahap, yaitu tahap pertama dua tower A dan B, dan tahap kedua untuk Tower C dan D.

"Tahap pertama dibangun dua tower A dan B berkapasitas 870 unit dan sudah terjual. Sedangkan, tower B proses penyelesaian untuk serah terima mulai Juni-Juli 2011. Ini lebih cepat 8-9 bulan bila merujuk pada perjanjian pengikatan jual beli (PPJB)," katanya.

Sementara Tahap II dibangun dengan nama Grand Centerpoint, dengan dua tower yaitu Tower C dan D, yang dibuka dengan penjualan perdana saat "Grand Launching" pada Sabtu dan Minggu lalu.

Ari menjelaskan, Centerpoint merupakan proyek strategis yang menjadi skala prioritas Perumnas. Menurut dia, pembangunan Apartemen Centerpoint ditujukan untuk kalangan menegah ke bawah dengan berbagai kemudahan seperti akses yang mudah ke jalan tol Jakarta Cikampek dan Tol Lingkar Luar/JORR.

Fasilitas komersial dan bisnis juga tersedia karena Centerpoint dikelilingi perbankan besar seperti BCA, Mandiri, Niaga dan Bank Bumiputra yang terletak di samping Centerpoint Apartment dan dikelilingi pusat belanja seperti Mall Metropolitan, Mall Mega Bekasi, Mall Bekasi Square dan Bekasi Cyber Park. Selain itu akses ke fasilitas kesehatan juga mudah dijangkau karena berdekatan dengan RS Mitra Keluarga, RSIA Hermina, RSUD Bekasi.

Apartemen tersebut sangat dekat dengan fasilitas sosial dan pemerintahan seperti Islamic Center dan Asrama Haji, Polres Bekasi dan Pengadilan Tinggi Bekasi, Kantor PLN dan Telkom Bekasi.  "Termasuk kemudahan untuk berwisata kuliner yang terbentang di sebelah Timur atau tepatnya sepanjang jalan Kemamuran mulai samping Asrama Haji sampai dengan pertigaan Jalan Kemakmuran dan Jalan Sudirman," katanya.

Sarana lain yang bisa dimanfaatkan penghuni Centerpoint Apartement yaitu fasilitas hutan hijau Kota di Taman Rekreasi dan Olahraga di area Stadion Bekasi dan fasilitas pendidikan yang mudah dijangkau.

Menurut Ari, selain strategis, apartemen sederhana dengan fasilitas lengkap tersebut juga bernilai investasi tinggi.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar