Minggu, 08 Mei 2011

Rumah Idaman “Tujuh Langkah Agar Kamar Anak Bebas Nyamuk” plus 2 more

Rumah Idaman “Tujuh Langkah Agar Kamar Anak Bebas Nyamuk” plus 2 more


Tujuh Langkah Agar Kamar Anak Bebas Nyamuk

Posted: 09 May 2011 03:20 AM PDT

KOMPAS.com - Nyamuk, serangga yang doyan menghisap darah kerap kali mengganggu aktifitas di dalam rumah. Apalagi kalau Anda memiliki anak yang masih balita, keberadaan nyamuk di kamar buah hati pasti membuat tak tenang.

Nyamuk memang mengganggu, terutama jenis nyamuk Aedes Aegypti patut diwaspadai. Meski demikian, jangan buru-buru menyemprotkan obat antinyamuk ke kamar anak, bisa-bisa cairan kimia malahan membawa dampak buruk bagi kesehatan si buah hati.

Berikut ini ada beberapa langkah antisipasi agar kamar anak bebas dari nyamuk.

1. Nyamuk menyukai tempat yang lembab, dingin, dan gelap untuk berkembang biak. Untuk meminimalkan aksi nyamuk ini, optimalkan kamar anak dalam kondisi terang. Usahakan agar rumah memiliki tata pencahayaan yang alami dibuat cukup besar, sehingga memberi akses sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

2. Jika kamar anak masih menyatu dengan kamar Anda, hindari kebiasaan menggantung baju terlalu banyak sehingga menumpuk. Biasanya tempat gantungan baju, menjadi salah satu tempat favorit nyamuk. Gantunglah baju secukupnya saja atau simpan di lemari pakaian.

3. Lindungi kamar anak dengan memasang tirai atau kasa pada lubang ventilasi, jendela dan pintu. Saat ini, jenis tirai dan kasa sudah diproduksi berbagai macam yang mampu mengantisipasi nyamuk untuk masuk  ruangan namun tetap menarik sebagai interior.

4. Sebaiknya Anda memberi warna cat kamar anak dengan pilihan warna yang terang. Suasana kamar yang temaram atau gelap akan mengundang nyamuk-nyamuk masuk ke kamar. Tatalah kamar dengan rapi dan tidak menumpuk barang-barang, agar tetap terlihat rapi dan menghindari terciptanya sarang baru.

5. Selain kamar anak, langkah mengantisipasi datangnya nyamuk juga memperhatikan area di luar kamar. Nyamuk suka berkembang biak pada tampungan air yang bersih. Karena itu, usahakan agar tampungan air  seperti bak mandi atau gentong Anda kuras satu minggu sekali. Gunanya agar mengurangi resiko perkembangan telur menjadi larva nyamuk. Cermati tampungan lainnya karena air hujan pada barang-barang bekas seperti kaleng, tong, pot, dan lainnya. Taburkan bubuk abate pada tampungan-tampungan air.

6. Pangkaslah tanaman-tanaman yang rimbun secara berkala. Tanaman rimbun memang memberi suasana teduh namun, ini juga menjadi salah satu tempat favorit nyamuk. Dengan memangkas secara berkala, munculnya sarang nyamuk baru akan terbatas. Tanamlah tanaman yang tidak disukai nyamuk seperti Lavender, Akar Wangi, Geranium, Zodia, dan Selasih. Atau peliharalah ikan sebagai predator alami pemakan telur dan larva nyamuk.

7. Anda tetap bisa memakai obat anti nyamuk, misalnya obat semprot, elektrik sampai lotion. Pilihlah obat yang paling aman kandungan kimianya bagi kesehatan keluarga. Selain itu, perhatikan pula petunjuk  pemakaian obat anti nyamuk. (dari berbagai sumber/ Natalia Ririh)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Pemda Diminta Beli Lahan Seluas-luasnya

Posted: 09 May 2011 01:51 AM PDT

GORONTALO, KOMPAS.com -   Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa meminta seluruh pemerintah daerah kabupaten dan kota yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo untuk membeli lahan seluas-luasnya. Suharso menjelaskan, lahan merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembangunan infrastruktur di daerah manapun. Sebab kata dia, ketersediaan lahan dapat memuluskan berbagai rencana yang telah dibuat oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk membangun sarana dan prasarana untuk kepentingan rakyat.

"Dimana-mana ketersediaan lahan selalu menjadi persoalan untuk rencana pembangunan infratruktur," kata Suharso, Minggu.  Menurut dia, dengan ketersediaan lahan yang luas maka berbagai program pembangunan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah akan mudah dan lancar.  Karena itu kata dia, setiap pemerintah daerah harus bisa menyediakan lahan seluas-luasnya untuk masa depan rakyatnya. "Tanah ataupun lahan merupakan aset yang sangat berharga untuk kesejahteraan," kata Suharso.

Dia menambahkan, setiap pemerintah daerah harus bisa mempergunakan anggaran yang ada demi membeli sebidang tanah atau lahan untuk keperluan mendatang. Jika pemerintah daerah melakukan hal itu kata dia, maka pada saat hendak membangun infrastruktur tidak ada lagi konflik yang berlarut-larut seperti yang terjadi selama ini. "Persoalan tanah atau lahan bukan hanya harganya, akan tetapi sosial kemasyarakatan pun selalu ikut menjadi masalah," kata Suharso.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Tol Medan-Kualanamu Dimulai Tahun 2011

Posted: 09 May 2011 01:46 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -  Proyek jalan tol Medan-Kualanamu akan dimulai tahun ini. Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah I Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Asep Sudrajat menyatakan pembangunan tol itu akan dibiayai dari pinjaman China sebesar US$ 137 juta. Sebagian lagi juga berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011 sebesar US$ 15,22 juta.

"Total biaya yang dianggarkan sebesar US$ 152,22 juta atau Rp 1,37 triliun dengan estimasi nilai pemilik sebesar Rp 1,14 triliun," ujar Asep, akhir pekan lalu.

Proses tender proyek jalan tol tersebut juga sudah dimulai. Asep mengatakan, ada tiga perusahaan China yang lolos tahap prakualifikasi. Ketiga perusahaan itu adalah CHEC CSEC yang bekerja sama dengan PT Hutama Karya, Shanghai Construction General Company dengan PT PP, dan Sinohydro Corporation Limited dengan PT Waskita Karya.

Menurut Asep, rencana pemasukan penawaran tol Medan-Kualanamu ini akan dilakukan pada tanggal 16 Mei mendatang. Sementara itu, rencana penandatanganan kontrak akan dilakukan pada akhir Juni 2011, dan pelaksanaan konstruksinya pada tahun ini juga setelah kontrak ditandatangani.

Kendati demikian, proses pembangunan jalan tol ini masih terhambat pembebasan lahan. Dari data yang dimiliki Bina Pelaksanaan Wilayah I, total kebutuhan lahan tol Medan-Kualanamu sebesar 197,94 hektare, sementara yang sudah dibebaskan baru 8% atau seluas 15,83 ha atau 8%. Asep mengatakan, pembebasan tanah masih berada tahap negosiasi harga.

Kepala Kapuskom Kementerian Pekerjaan Umum Waskito Pandu menambahkan, pembangunan tol Medan-Kualanamu merupakan bagian dari rencana pemerintah meningkatkan pembangunan infrastruktur di Sumatera Utara. "Pemerintah mempersiapkan Sumatera sebagai pusat pengelolaan sumber energi dan produksi hasil bumi dan industri nasional," ujar Waskito.

Waskito menjelaskan, pemerintah memberikan kesempatan kepada tiga kontraktor China dan tiga kontraktor lokal akan ikut pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu. Diharapkan dengan kerjasama ini, percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia dapat direaliasikan. (Noverius Laoli/KONTAN)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar