Jumat, 20 Mei 2011

Rumah Idaman “Posisi Kolam Ikan Koi dan Keberuntungan” plus 2 more

Rumah Idaman “Posisi Kolam Ikan Koi dan Keberuntungan” plus 2 more


Posisi Kolam Ikan Koi dan Keberuntungan

Posted: 18 May 2011 10:28 AM PDT

KOMPAS.com - Perkembangan pecinta ikan Koi di Indonesia menunjukkan angka kemajuan yang sangat pesat. Dinaungi APKI (Asosiasi Pecinta Koi Indonesia) kini sudah memiliki 22 klub pecinta koi di berbagai provinsi yang tersebar di Indonesia.

Sebanyak 19 peternak ikan koi (koi Breeder), enam importir ikan koi asal Jepang (negara asli penghasil ikan jenis ini), serta 19 dealer ikan koi. Mereka berupaya keras menghasilkan jenis-jenis ikan koi terbaik.

Adapun beberapa varietas atau jenis ikan yang terkenal seperti corak Merah Putih dikenal dengan sebutan Kohaku, merah putih hitam dikenal dengan sebutan Taisho Sanshoku atau pun dengan pola hitam yang lebih agak dominan dikenal dengan sebutan Showa Sanshoku, serta corak Hitam Putih yang dikenal dengan sebutan Shiro Utsuri, yang mana di golongkan menjadi empat besar (Goyungke) hingga kerap menjadi Primadona dalam setiap Lomba Ikan Koi di Tanah Air.

Sebutlah Tancho. Varietas ini juga cukup dikenal karena memiliki pola bulat Merah dibagian kepala ikan koi ini saja, hal tersebut diindentikan dengan bendera kebangsaan negri asalnya Sakura (Jepang) .

Ada lagi Karashi dan Chagoi, jenis ikan koi ini dikenal karena memiliki warna yang unik yaitu kuning (coklat merah tembaga untuk jenis chagoi) sedang keunikan jenis ikan koi ini adalah cepat sekali mencapai ukuran besar serta lebih jinak ,dalam kurun waktu yang relatif singkat dengan rekor pencapaian panjang hingga 100 cm lebih ,yang kadang melewati ukuran panjang ikan koi pada umumnya.

Ikan Koi merupakan ikan komunitas dimana ikan ini hidup dalam satu kesatuan ,tidak saling memangsa menyerang satu sama laini. Julukan Living Jewellery pun di sandangnya karena Keindahan warna ,bentuk tubuh ,serta gaya renang yang elegan ikan Koi sangat menarik bila disimak terus menerus.

Tak dapat di pungkiri Ikan koi memang dapat merubah suasana menjadi indah rumah atau tempat dimana ikan koi ini di pelihara menuju kepada keindahan , keceriaan, serta estetika.

Beberapa tips untuk memilih ikan koi yang berkualitas, apabila hendak membeli dan memeliharanya di kediaman ( singgasana) kita yaitu:

1. Proporsional tubuh, hal mencakup keserasian / keseimbangan ikan koi mulai dari mulut ikan hingga ujung ekor, bentuk tubuh ideal pada ukuran besar menyerupai torpedo (kapal selam) yang menjadi tujuan akhir.

2. Komposisi warna, warna yang Cerah (terang) serta dan tajam (batas warna satu dengan yang lain) akan menjadikan ikan tersebut "eye catching", hal ini mengundang mata kita untuk melihat dan melihat nya kembali.

3. Gerakan atau gaya renang ikan, gaya renang yang elegan turut mendukung tampilan ikan koi. Hal tersebut akan terlihat jelas apa bila mencapai ukuran sedang dan besar.

4. Usia dan size ikan, apa bila kita meminati Ikan koi yang berumur satu tahun, ukuran relatif cukup besar dan diatas rata-rata merupakan pilihan (jumbo tosai) ukuran jenis ini banyak diminati para pemelihara/pencinta ikan koi (favorit), makin besar makin bernilai tinggi tentunya.

Ketika jenis (varietas), kualitas, serta ukuran ikan koi telah dipilih, maka penerapan Koi Pond atau kolam Koi juga sangat menentukan. Ukuran kolam koi berbeda – beda disesuaikan dengan kondisi luas area di mana kolam koi ini akan ditempatkan sesuai dengan bentuk dan estetika tentunya.

Koi Pond ukuran "Medium" umumnya digemari hobiis koi. Sebagai contoh dengan luas area halaman taman sekitar 8m x 10m, Luas Koi Pond berukuran 3,5m x 3,5 persegi dengan kedalaman air 1,5 meter, dibangun sebagai pelengkap halaman rumah dan taman akan menjadikan komposisi estetika nan apik. Berbagai fasilitas pun diaplikasikan sebagai rangkaian pendukung kolam ikan koi yang diminati sesuai desain, fungsi, dan rasa aman bagi pemeliharanya.

Di antaranya panel automatic atau pengaturan otomatis, panel otomatis ini diaplikasikan untuk kebutuhan back wash kolam koi (pembuangan air serta pengisian kembali) guna mencapai kualitas air yang baik serta pertumbuhan ikan koi dalam pemeliharaannya, feeding koi food (pemberian pakan ikan secara otomatis) agar tidak berlebihan disesuaikan dengan kebutuhan pakan ikan koi yang dipelihara, pemusatan aliran listrik pada kolam ikan koi agar mencegah konsleting ( short cut ) hal ini sering dalami para hobiis hingga berakibat fatal pada ikan koi kesayangannya.

Banyak yang bertanya di antara kita, apakah memelihara ikan Koi membawa Hoki dalam kehidupan karir dan rumah tangga? Jawabannya benar. Karena perihal tentang penempatan Koi Pond atau kolam Koi telah diyakini dari jaman dahulu kala. Pada zaman kerajaan China dahulu kala, ikan Koi telah dipelihara dalam kerajaan untuk meningkatkan "chi" keberuntungan serta keabadian ,hal ini berkaitan dengan umur/ usia ikan koi ini bias dikatakan berumur relatif panjang.

Dua hal yang membawa keberuntungan ketika memelihara ikan Koi, yakni penempatan kolam yang berisi air dan corak warna tubuh ikan Koi diyakini membawa keberuntungan "hoki" kepada si pemilik, penghuni rumah/kantor, atau pun dimana kolam ikan koi ini dibangun/ditempatkan.

Hanya saja kolam ikan yang dibangun seyogyanya disesuaikan menurut aturan fengshui, serta kedalaman kolam yang digali semestinya melebihi permukaan kolam yang berada diatas permukaan tanah, seperti yang terlihat dalam foto.

Jumlah ikan Koi yang dipelihara dalam kolam umumnya delapan sampai dengan Sembilan ekor, dimana mengandung unsur-unsur pelambangan seperti, Delapan diartikan kaya ( kemakmuran ), sedangkan Sembilan mengandung arti forever ( selamanya). Unsur Air meningkatkan Chi atau energi positif dalam gedung yang ditempati, serta melambangan sumber kehidupan yang selalu dibutuhkan oleh manusia dan mahluk hidup lainnya.

Adapun posisi terbaik penempatan kolam Koi berada pada kutub Barat Daya, yakni 232,5° - 247,5° dan kutub Barat, yakni 247,5° - 262,5°. Posisi kutub Barat Laut dan Barat mengaktifkan kutub Logam atau Emas.

Emas menghasilkan energy positif untuk Air. Posisi terbaik meningkatkan karir dan rumah tangga yang harmonis. 2011 Happy Cuan 888.

*) The Steven Eric Lazuardi, konsultan Hokiplus

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Allianz Tower, Green Office Building Pertama

Posted: 18 May 2011 07:57 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Gedung perkantoran Allianz Tower di Kuningan Persada, Jakarta Selatan hari Rabu (18/5/11) diresmikan.

Dalam acara seremonial itu hadir CEO Allianz Indonesia Joachim Wessling, Member of The Board of Allianz SE Manuel Bauer, Chairman Kompas Gramedia Jakob Oetama, dan Presiden Direktur Medialand International Teddy Surianto.

Joachim Wessling dengan bangga mengatakan, Allianz Tower adalah gedung perkantoran pertama di Jakarta yang menerapkan prinsip-prinsip green building. "Kami bisa menghemat energi sampai 40 persen," katanya.

Prinsip-prinsip green building juga diterapkan dalam pembangunan Allianz Tower adalah desain menara ini tipis dengan arah sisi timur dan barat untuk mengurangi panas dan sinar matahari langsung.

Allianz Tower juga meminimalisir kawasan basement. Sebanyak 70 persen area ini berfungsi sebagai penampung air hujan. Ini sangat penting untuk memecahkan problem banjir di Jakarta. "Melalui sistem ini dan daur ulang air hujan serta air kotor, kami dapat mengurangi volume air yang dibuang ke sungai," kata Wessling.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengharuskan 30 persen dari luas kawasan adalah daerah terbuka hijau. "Kami mengalokasikan 70 persen untuk kawasan hijau. Kami hanya menggunakan 30 persen untuk bangunan," paparnya.

Konsep green building lainnya yang diterapkan Allianz Tower adalah daur ulang air kotor untuk air penyiram tanaman, air pembersih toilet, dan air pendingin ruangan. Air hujan yang terkumpul dari atap, masuk ke tangki air di bawah tanah. Air ini kemudian didaur ulang di Sewage Treatment Plant. Hanya 20 persen air yang tak terpakai dan dibuang di waduk pengolah limbah yang dikelola Pemprov DKI Jakarta, yang lokasinya di sebelah utara Allianz Tower

Allianz Tower menggunakan teknologi double glazing pada dinding kaca. Fasad kaca ganda ini mengurangi volume panas secara drastis dan mengeliminasi suara lalu lintas dari jalan raya.

Teknologi Double Glazing sudah digunakan pula oleh UOB Plaza dan Menara Palma. Keduanya merupakan green office building dan perkantoran kelas A. Kawasan parkir juga dibuat sedemikian rupa sehingga ventillasi dengan penerangan alami. Allianz Tower juga menanam pepohonan di 70 persen lahan kosong. Ini akan membuat gedung perkantoran ini teduh dan sejuk.

"Kami juga mengarah pada paperless, meminimalisir penggunaan kertas. Tidak mudah memang. Karena sudah 30 tahun nasabah kami memegang kertas polis. Tapi kami bisa usahakan membuat polis dalam format PDF. Butuh waktu ke arah itu, tapi kami sudah memulai paperless," katanya.

30 Tahun Allianz di Indonesia

Allianz Tower ditempati oleh dua perusahaan Allianz Utama (asuransi umum) dan Allianz Life Indonesia (asuransi jiwa). "Indonesia merupakan pasar dengan pertumbuhan yang cepat bagi Allianz Group. Kami bangga memberikan bukti nyata komitmen jangka panjang kepada nasabah dan mitra kami di Indonesia," kata Manuel Bauer.

Allianz Tower menjadi kantor bagi 1.000 karyawan di departemen operasi, penjualan dan distribusi, manajemen pasar, penyedia produk, dan fungsi utama, juga kantor bagi 300 dari 14.000 agen dan mitra Allianz.

Saat ini Allianz Indonesia sudah berkembang menjadi salah satu pemain besar industri asuransi di Indonesia. Tahun 2010, premi bruto gabungan tumbuh kuat 31 persen menjadi Rp 5,6 triliun. Kenaikan signifikan sebesar 40 persen juga terjadi pada laba sebelum pajak gabungan pada angka Rp 335 miliar (Rp 296 miliar untuk Allianz Life dan Rp 39 miliar untuk Allianz Utama).

Pada kuartal pertama tahun 2011, momentum pertumbuhan yang kuat sebesar 49 persen pada premi bruto gabungan dbandingkan kuartal pertama tahun lalu. "Kami berterima kasih atas kepercayaan 1,8 juta tertanggung Allianz, juga semua staf dan mitra bisnis, juga pemegang saham," kata Joachim Wessling.

Allianz adalah satu perusahaan asuransi dan jasa keuangan terkemuka di dunia, dan salah satu perusahaan Societas Europeae pertama. Berdiri sejak tahun 1890, Allianz SE kini hadir di lebih dari 70 negara dengan lebih 150.000 karyawan. Allianz melayani 75 juta nasabah di seluruh dunia dengan layanan asuransi umum, asuransi jiwa, dan manajemen aset. (KSP)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Enam Tanaman Ampuh Pengusir Nyamuk

Posted: 18 May 2011 07:00 AM PDT

KOMPAS.com - Serangan nyamuk terhadap penghuni rumah baik di siang hari maupun malam pasti sangat mengganggu. Beragam upaya telah dilakukan sampai menggunakan obat nyamuk semprot atau bakar yang memiliki resiko karena kandungan kimiawinya.

Bagaimana bila menggunakan upaya alami yakni dengan menanam tanaman yang kandungan kimianya cukup ampuh mengusir jauh-jauh nyamuk?

Ada banyak tanaman yang dibenci oleh nyamuk. Dari tanaman ini ada yang cukup ditanam saja atau dimanfaatkan dengan mengambil bunganya. Berikut tanaman-tanaman ampuh pengusir nyamuk:

1. Geranium

Tanaman ini mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Kedua zat yang dimiliki Geranium dapat dengan mudah terbang memenuhi udara. Tanam saja Geranium ke dalam pot atau langsung di tanah. Tempatkan di tempat yang mudah terkena tiupan angin, saat daun-daun Geranium bergesakan, aroma zat yang ada di tanaman ini akan tercium, membuat nyamuk menjauh dari ruangan.

2. Zodia

Tanaman ini asli dari Indonesia berasal dari Papua, dimana orang-orang Papua akan menggosok-gosokkan daun ini sebelum masuk hutan agar terlindung dari serangga terutama nyanuk. Zodia memiliki dua zat yang dapat membuat nyamuk kabur, yaitu Evodiamine dan Rutaecarpine. Untuk merasakan manfaatnya, Zodia visa ditanam di ruang yang banyak tertiup angin agar aromanya tercium dan mengusir nyamuk.

3. Serai wangi

Serai akrab dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, tapi ia memiliki zat Geraniol dan Sitronelal yang tidak disukai nyamuk. Menanam serai cukup mudah, tinggal tempatkan di pekarangan rumah saja.

4. Akar Wangi

Tanaman ini dapat mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk Aedes Aegypti. Tanam akar wangi de pekarangan rumah untuk merasakan manfaatnya.

5. Lavender

Tanaman ini aslinya dari Swiss, dan telah dimanfaatkan sebagai bahan pembuat lotion anti nyamuk. Bunga Lavender yang berwarna ungu memiliki zat Linalool dan Lynalyl acetate yang tidak disukai nyamuk. Tanam Lavender dalam pot atau tanah, untuk merasakan manfaatnya ambil bunganya dan gosok-gosokkan ke kulit.

6. Rosemary

Bunga Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak kayu putih. Aroma yang tidak disukai oleh nyamuk karena mengacaukan penciumannya. Tanaman ini dapat ditanam ke dalam pot atau tanah. Di dekat jendela. Untuk pemanfaatannya, ambil daunnya yang berbentuk jarum dan digosokkan ke kulit.

Selamat mencoba! (Dari berbagai sumber/ Natalia Ririh)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar