Kamis, 21 April 2011

Rumah Idaman “Kemenpera Gandeng ITB Terapkan Konsep Green Building di Rusunawa” plus 2 more

Rumah Idaman “Kemenpera Gandeng ITB Terapkan Konsep Green Building di Rusunawa” plus 2 more


Kemenpera Gandeng ITB Terapkan Konsep Green Building di Rusunawa

Posted: 22 Apr 2011 05:28 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) siap menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menerapkan konsep green building pada program pembangunan Rusunawa Mahasiswa di kampus tersebut. Adanya penerapan konsep green building di Rusunawa tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai wahana pembelajaran dan pengembangan karakter mahasiswa ITB dan efisiensi bahan material bangunan.

Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa mengungkapkan, Kemenpera berharap adanya konsep green building pada bangunan Rusunawa akan mampu mendukung program pembangunan yang ramah terhadap lingkungan. "Kami akan berusaha agar Rusunawa dengan konsep green building ini bisa segera dibangun sesuai dengan desain yang telah dibuat oleh ITB," ujar Suharso Monoarfa saat menerima kunjungan Rektor ITB, Prof. Akhmaloka, Ph.D. di Kantor Kemenpera, Jakarta, Kamis (21/4).

Hadir pula dalam pertemuan itu Sesmenpera Iskandar Saleh, Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Hazaddin TS, Deputi Bidang Perumahan Formal, Pangihutan Marpaung serta tim Satgas Asrama ITB serta sejumlah dosen ITB.

Lebih lanjut, Suharso Monoarfa menjelaskan, pihaknya berharap pihak ITB dapat memberikan kajian-kajian maupun desain pembangunan rumah maupun gedung yang ramah lingkungan. Sebab, hal itu akan menghemat energi serta material bahan bangunan.

"Saya harap ITB bisa segera merealisasikan pembangunan Rusunawa itu sehingga bisa menjadi contoh pembangunan dengan konsep hijau," katanya.

Menurut Menpera, adanya Rusunawa mahasiswa yang dibangun di setiap kampus selain sebagai fasilitas tempat tinggal yang layak dan dekat dengan lingkungan kampus, bagi mahasiswa tahun pertama, juga bisa menjadi wahana belajar mahasiwa tinggal di hunian vertikal. Apalagi ke depan tentunya hunian vertikal menjadi pilihan pembangunan perumahan karena lahan yang semakin terbatas.

Sementara itu, Rektor ITB, Prof. Akhmaloka, Ph.D, pembangunan Rusunawa di ITB sangat dibutuhkan mengingat jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Apalagi banyak pula mahasiswa ITB yang berasal dari luar kota sehingga membutuhkan tempat tinggal yang layak.

"Kami harap dengan tinggal di Rusunawa, mahasiswa secara tuntas dapat menyelesaikan masa transisi perkembangan hidup dan mengenal sosio-budaya perguruan tinggi dan masyarakat kampus. Selain itu, konsep green building ini juga mengenalkan kepada mahasiswa konsep konstruksi hijau yang diterapkan pada bangunan dan kehidupan kampus di ITB," terangnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Satgas Asrama ITB, Iswandi. Dirinya menerangkan, saat ini ITB memiliki empat asrama mahasiswa yakni Asrama Kidang Pananjung , Asrama Sangkuriang, Asrama Kanayakan dan Asrama Bumi Ganesha. Kapasitas daya tampung ke empat asrama tersebut adalah sekitar 858 mahasiswa.

Sedangkan kebutuhan asrama baru ITB adalah sekitar 850 kamar dengan estimasi mahasiswa tingkat pertama tahun 2015 sekitar untuk 3.500 mahasiswa. "Asrama yang ada saat ini hanya mampu menampung 858 mahasiswa. Untuk itu kami membutuhkan bantuan asrama baru untuk 850 kamar bagi sekitar 2.642 mahasiwa," tandasnya.

Iswandi menambahkan, setidaknya ada beberapa tahapan perencanaan kontruksi dalam pembangunan Rusunawa dengan konsep green building ini. Beberapa tahapan itu antara lain efisiensi sistem struktur dengan desain arsitektur yang ramah lingkungan dan berorientasi pada efisiensi energi, mengembangkan produk desain yang optimal namun kuat, menspesifikasikan material bangunan yang memiliki durabilitas yang tinggi dan unsur-unsur pelindung/ proteksi agar struktur dapat berumur panjang, merencanakan detailing struktur yang memiliki daya tahan yang tinggi dilingkungannya serta struktur bangunan yang tahan terhadap gempa rencana. (*/KSP)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Sebentar Lagi Pensiun, Usaha Apa yang Cocok?

Posted: 22 Apr 2011 12:42 AM PDT

PERTANYAAN Pak Steven yang baik. Nama saya Bambang Purwanto, usia 53 tahun. Saya seorang PNS, tiga tahun lagi pensiun. Mohon arahannya, kira-kira apa yang bisa saya kerjakan (pekerjaan apa yang cocok untuk saya) untuk menghadapi hidup setelah pensiun. Tempat dan tanggal lahir saya adalah Solo, 12 Januari 1958. Untuk arahan atau nasihatnya, saya ucapkan terima kasih.

Bambang Purwanto, Bandung

HOKIPLUS: Terima kasih untuk pertanyaan Anda untuk HOKIPLUS. Pekerjaan setelah pensiun merupakan faktor pertimbangan yang selalu terjadi pada kehidupan manusia masa tua. Persoalan membangun bisnis setelah pensiun sangat rentan untuk menjadi fatal, apabila sesuatu pekerjaan yang digeluti tidak didasari dengan pengalaman yang kuat dalam berbisnis.

Pengalaman dan kenyataan membuktikan bahwa banyak sekali masalah yang dihadapi oleh orang – orang yang membangun bisnisnya setelah pensiun. Uang menjadi habis dan timbullah pikiran ruwet menyebabkan kepusingan yang berlarut – larut. Lalu timbullah penyakit aneh – aneh yang disebabkan stress atau high depresser.

Hal ini terjadi karena biasanya seseorang yang sebelum atau telah pensiun, sering mendapatkan tawaran – tawaran bisnis yang mana sepertinya menggiurkan dan sangat menjanjikan atau profitplus dengan margin incredible. Oleh karena itu lebih baik waspada, profit bisnis akan bertambah seiring dengan pengalaman. Setiap bisnis mempunyai kelemahan dan kelebihan. Belajarlah untuk menghadapi sesuatu hal yang terburuk apabila hal itu mesti terjadi. Maka manisnya pun akan dapat dirasakan. Ini adalah cara berpikir sederhana, namun sangat jarang orang yang dapat memahami kaedah ini.

Bila dihitung dari kelahiran Anda berdasarkan ilmu China dan Jawa Kuno, maka Anda termasuk golongan shio Ayam, elemen Api, dan unsur Yin. Menyingkapi dalam prihal keberuntungan, sebaiknya hindari dulu untuk memulai usaha pada tahun ini. Tahun ini adalah tahun ciong besar untuk diri Anda. Dan memang benar, apabila tiga tahun kemudian setelah pensiun, Anda dapat memulai usaha sendiri. Apa itu tahun ciong? Banyak orang yang mengetahui tahun ciong atau tahun pertentangan, juga sering juga disebut dengan tahun sial untuk shio yang masuk ciong. Tapi masih saja memulai bisnis, menyebabkan banyaknya masalah yang timbul. Hal ini karena ambisi ingin cepat dapat hasil. Nah sebaiknya hindari berbisnis atau bepergian jauh ketika menghadapi tahun ciong ini. Ciong shio Ayam adalah tahun shio Kelinci yakni tahun 2011 ini. Ciong tahun ini adalah rumusan alam yang telah ditemukan leluhur kita. Sekalipun jaman berubah, rumusan sama sekali tidak pernah berubah.

Lalu apa bisnis yang cocok untuk Anda? Dalam hal ini saya lebih menyarankan Anda untuk berbakti dulu kepada umat manusia melalui jalur agama. Mengapa demikian?....karena Anda termasuk golongan Pecah Bulan, seorang yang dilahirkan kedunia ini untuk memberikan pencerahan kepada umat manusia melalui jalur agama, yang mana sebelum kelahiran ini Anda telah bersumpah dihadapan Tuhan. Tugas mulia ini hendaknya dituntaskan terlebih dahulu. Ini adalah syair tentang hidup Anda beradasarkan ilmu China kuno.

Ting Yiu Nien Sen Termasuk orang - orang elemen Api dan tergolong shio Ayam yang mandiri. Banyak disenangi oleh teman - teman maupun rekan sekerjanya seperti angin musim semi yang bertiup sepoi - sepoi menyegarkan. Tidak lupa dan selalu mengingat budi baik orang - orang yang pernah menolongnya. Berkemampuan untuk bisa mendekati pejabat. Kehidupan pada masa muda berlangsung sangat sibuk, capek dan sangat lelah. Akan tetapi tidak mau ketahuan oleh orang lain. Pada perjalanan kehidupan masa tuanya berlangsung dengan sangat baik, karena banyak rezeki dan memiliki banyak uang dalam keluarganya. Bila kelahiran ini adalah seorang wanita, maka mereka tergolong orang - orang yang mempunyai kepintaran dalam bertindak. Separuh waktu membantu suaminya dan separuhnya lagi menangani bisnis/usahanya sendiri. Dan hal ini berjalan sampai tua, berkembang pesat dan sukses besar.

Bila Anda melaksanakan tugas keagamaan dengan baik dan memberikan pencerahan kepada umat manusia, maka bisnis akan datang bertubi – tubi. Dan dalam hal ini, aura Anda akan menjadi lebih terang dan hoki akan berjalan lancar terus tiada henti. Untuk bisnis yang cocok adalah bisnis yang berhubungan dengan elemen Kayu. Kayu identik dengan bisnis furniture, bisnis tanaman jual beli pohon, juga bisa bisnis properti yakni beli tanah untuk bisnis perkebunan. Dan masih banyak lagi sekaligus juga bisa jadi advisor atau konsultan.

Dalam ilmu Jawa Kuno, Anda lahir pada hari Minggu Pahing, Minggu artinya Mega, sesuatu hal yang luar biasa yang dapat dilakukan, hanya saja jangan terlalu ngotot terhadap kemauan diri. Juga termasuk kedalam golongan ibarat kehidupan sehari – hari Sumur Sinaba, yakni Gudang Ilmu, tempat bernaung nya manusia mencari ilmu. Akan tetapi lakon atau tindak tanduknya Lebu Katiup Angin, yakni debu disapu angin, yang berarti harus keliling kemana – mana tapi harus lebih berprinsip dan pintar memilah yang baik dan buruk untuk kebenaran. Grafik rezeki Anda akan naik dari umur 54 tahun sampai dengan 60 tahun sebanyak 40 persen. So don't miss it.

Namun perlu dikaji dari perhitungan Jawa kuno, Anda termasuk Wuku Galungan. Sifat seseorang dengan kelahirannya sering dikaitkan dengan sifat dewa – dewi pada kelahiran tersebut. Ini juga bisa menjadi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sifat asli seseorang akan muncul ketika berada dalam posisi bahaya atau terjepit, stress berat.

Berikut adalah ulasan Wuku Galungan : 2011 Happy Cuan 888. Lambang Wuku GALUNGAN secara umum banyak dipengaruhi oleh Batara Kamajaya. Seseorang yang terlahir dalam wuku tersebut pada umumnya mempunyai sifat keras hati, tekun, cermat dan pemboros. Tetapi senang menghibur orang yang sedang susah/lemah. Sedangkan pengaruh pada kehidupannya adalah sedikit rezekinya, dapat melarat tapi banyak kawan. Adapun sifat2 lainnya adalah mudah marah, cepat tersinggung serta iri hati terhadap harta kekayaan maupun keberuntungan orang lain. Mudah sekali jatuh cinta. Harta kekayaannya cepat habis karena suka dihambur2kan dengan tidak menentu, sehingga seringkali mengalami kekurangan uang. Wajahnya rupawan, pendiriannya mantap dan tidak mudah digoyahkan serta bisa mempengaruhi dan menarik perhatian orang banyak.

Semoga semua penjabaran ini bermanfaat dan dapat dikaji untuk karir dan kehidupan Anda setelah pensiun bisa maju dalam berkarir. 2011 Happy Cuan 888.

*) The Steven Eric Lazuardi adalah konsultan HOKIPLUS

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Megapolitan Garap Sentul

Posted: 21 Apr 2011 01:43 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih memiliki cadangan lahan, seluas kurang  lebih 370 hektar di Cinere, Sentul, dan Karawaci, PT. Megapolitan Developments Tbk menggaet investor dari China dan membidik kawasan Sentul.

Kerja sama dengan investor dari China ini dalam bentuk join venture dan telah menandatangani kesepakatan bersama pada Maret 2011 lalu. "Mitra usaha kami ini adalah developer dari Naning Guangzhou, China. Usahanya adalah proyek-proyek besar di China juga sampai perbatasan Vietnam. Namun mengenai nama belum bisa kami sampaikan," kata Direktur Utama PT. Megapolitan Developments Tbk, Lora Melani Lowas dalam siaran persnya yang diterima Kompas.com, Kamis (21/4/2011).

Megapolitan dan rekanannya akan mengembangkan kawasan Sentul, Bogor seluas 250 hektar menjadi sebuah kota mandiri (township), dengan nama Megapolitan Sentul City. Pada medio 2011, investor dari China akan datang untuk melakukan kunjungan dan finalisasi terhadap langkah kemitraan. Usaha ini diharapkan segera diluncurkan pada tahun 2011 ini.

Untuk proyek Megapolitan Developments lainnya di wilayah Karawaci, Megapolitan tengah membangun proyek apartemen dengan konsep University Village Urbana Karawaci (apartemen 5 tower). Saat ini juga mulai dikembangkan Urbana Cinere yang merupakan proyek mix used building berupa apartemen 2 tower dan lifestyle commercial. (Natalia Ririh)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar