Sabtu, 19 Februari 2011

Rumah Idaman “Rumah Nyaman Hasil Duet Fengshui dan Interior” plus 2 more

Rumah Idaman “Rumah Nyaman Hasil Duet Fengshui dan Interior” plus 2 more


Rumah Nyaman Hasil Duet Fengshui dan Interior

Posted: 19 Feb 2011 11:29 AM PST

KOMPAS.com - Seringkali ilmu fengshui dan konsep desain interior saling berbenturan dalam membangun sebuah rumah serta mengatur ruangannya. Namun, kedua ilmu ini mampu diduetkan menjadi sebuah komposisi baru.

Saya maunya komposisi rumah itu dilihat nyaman tanpa melanggar estetika fengshui. Misalnya untuk membangun sebuah ruangan atau rumah, desainnya memiliki estetika dan kenyamanan tapi juga menjadi tempat kejayaan seseorang.

-- Steven

Menurut The Steven Eric Lazuardi, konseptor Hokiplus Solutions For Life, selama ini antara Fengshui dan Desain Interior dianggap berbenturan.

"Praktisi Fengshui memiliki argumennya sendiri begitu juga para desain interior. Banyak orang-orang yang membidangi fengshui terkesan kaku dengan ilmu hitungannya, sementara orang interior sangat bangga dengan konsep karya rancangannya," ujar Steven kepada Kompas.com saat ditemui dalam acara talkshow Properti 2011 di Mal Pejaten Village Jakarta Selatan, Sabtu (19/2/2011).

Steven sendiri lewat konsep Hokiplus mengembangkan konsep perpaduan ilmu fengshui dengan interior. "Saya maunya komposisi rumah itu dilihat nyaman tanpa melanggar estetika fengshui. Misalnya untuk membangun sebuah ruangan atau rumah, desainnya memiliki estetika dan kenyamanan tapi juga menjadi tempat kejayaan seseorang," paparnya.

Untuk menemukan titik kejayaan dalam diri seseorang, kata Steven dalam ilmu fengshui dilihat dari penghitungan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran. Setelah dihitung akan keluar posisi letak kejayaan seseorang. Kejayaan ini akan mempengaruhi keberuntungan dan peruntungan. "Kalau sudah tahu hitungannya, dia akan tahu kutub-kutub mana yang cocok kalau membuat rumah baiknya menghadap kemana, pintunya menghadap mana, dan sebagainya," kata Steven.

Setelah mengetahui kutub-kutub kejayaan, seseorang dapat mengetahui bagaimana membentuk rumah nyaman lewat luas ruang, bentuk bangunan dan komposisi warna untuk ruangan. "Misalnya interiornya main di warna rumah. Jangan kaku juga dengan fengshui, karena rumah dengan interior yang menarik lebih diminati orang," ujarnya. (Natalia Ririh)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Sektor Perumahan, Investasi Properti 2011 Paling Berkembang

Posted: 19 Feb 2011 11:23 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tahun kelinci emas ini, bisnis properti khususnya sektor perumahan akan berkembang pesat. Kawasan satelit Jakarta yang tadinya dinilai tidak potensial, mulai digarap oleh para investor.

Tahun 2011 ini, saya melihat bisnis perumahan yang paling berkembang. Harga rumah sekitar Rp 300 Juta akan meningkat pesat karena lahan semakin sempit. Bahkan daerah pinggir Jakarta yang tadinya dikira tidak potensial akan banyak digarap investor.

"Tahun 2011 ini, saya melihat bisnis perumahan yang paling berkembang. Harga rumah sekitar Rp 300 Juta akan meningkat pesat karena lahan semakin sempit. Bahkan daerah pinggir Jakarta yang tadinya dikira tidak potensial akan banyak digarap investor," kata The Steven Eric Lazuardi, konseptor Hokiplus Solutions For Life kepada Kompas.com di Mal Pejaten Village, Jakarta Selatan, Sabtu (19/2/2011).

Menurut Steven, daerah yang akan banyak digarap untuk sektor perumahan selain Serpong dan Tangerang adalah Jonggol dan Cibubur. "Kalau beli tanah di Serpong sudah mulai mahal. Tapi kalau di Jonggol dan Cibubur ini masih potensial karena konsep alamnya, konsep hijaunya, dan ditambah pembangunan tol Jagorawi yang memberi akses kemudahan transportasi," ujarnya.

Meski akan menjadi sektor paling berkembang, diakui Steven, lahan untuk pembangunan rumah akan semakin sempit. Orang-orang properti lalu memunculkan konsep hunian vertikal untuk menyiasati lahan yang makin sempit.

"Sekarang selain punya rumah tapi dengan lahan tidak terlalu luas, tinggal di apartemen juga menjadi pilihan. Apartemen dipilih karena konsepnya seperti hotel. Ini juga sedang beken untuk tahun 2011," ujarnya. (Natalia Ririh)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Feng Shui di Tahun Kelinci 2011

Posted: 19 Feb 2011 08:38 AM PST

oleh: Linda Kho

Tahun Baru
Tahun baru Imlek 2562 (kalender bulan) jatuh pada tanggal 3 Februari 2011. Akan tetapi, dalam analisis feng shui, perhitungan waktu didasarkan pada kalender Hsia (kalender matahari), pergantian tahun ditetapkan pada awal musim semi, yaitu setiap tanggal 4 atau 5 Februari pada kalender masehi.

Secara umum, kombinasi kedua elemen ini menyiratkan peningkatan probabilitas terjadinya konflik dalam berbagai strata, dunia, regional, negara, kota, propinsi, antar etnik, dan lain-lain. Skandal asmara (perselingkuhan) cenderung meningkat.

Jadi, meskipun tahun 2011 ini tahun baru Imlek jatuh pada tanggal 3 Februari, namun pergantian dari tahun Macan ke Kelinci, baru berlaku/ terjadi pada tanggal 4 Februari 2011.

Tahun kelinci 2652 ini, memiliki energi bumi Kayu, dan langit Logam. Maka sering orang menyebutnya dengan Kayu Emas. Secara umum, kombinasi kedua elemen ini menyiratkan peningkatan probabilitas terjadinya konflik dalam berbagai strata, dunia, regional, negara, kota, propinsi, antaretnik, dan lain-lain. Organ kesehatan yang rawan mendapat masalah adalah organ pernafasan, leher, tulang belakang. Selain itu, skandal asmara (perselingkuhan) cenderung meningkat.

Feng Shui Bintang Terbang
Ada dua aliran utama dalam feng shui, yaitu bentuk/ landform, dan aliran kompas. Pergantian tahun, memiliki dampak pada feng shui kompas. Karena dalam feng shui kompas, masalah arah hadap, tahun pembangunan, dan perjalanan waktu (pergantian tahun) menjadi peubah yang sangat menentukan.

Feng Shui Bintang Terbang merupakan metode analisis feng shui yang termasuk dalam feng shui kompas ini. Sesuai dengan namanya, Feng Shui Bintang Terbang ini akan menerbangkan sembilan bintang yang ada (bintang 1 sampai 9), berdasarkan ketentuan-ketentuan tertentu.

Di tahun Kelinci ini (4 Februari 2011, 12:28 sampai – 4 Februari 2012, 18:18), bintang 7 berada di sektor tengah. Dengan demikian, formasi bintang terbang nya adalah bintang 3 di sektor Utara, bintang 1 di sektor Timur Laut, bintang 5 di sektor Timur, bintang 6 di sektor Tenggara, bintang 2 di sektor Selatan, bintang 4 di sektor Barat Daya, bintang 9 di sektor Barat, bintang 8 di sektor Barat Laut. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 1 sebagai berikut:

Bintang yang menguntungkan (auspicious) untuk tahun Kelinci ini adalah bintang 1, 6, 3, 8, dan 9. Sedangkan bintang 5 dan 2 merupakan bintang yang sangat tidak menguntungkan. Bintang 5 merupakan bintang yang paling buruk, berdampak pada kebangkrutan, kehilangan pekerjaan, sakit berat. Bintang 2 menyebabkan masalah kesehatan, namun tidak berat.

Dalam sebuah rumah, tiga sektor paling penting adalah pintu utama, kamar tidur, dan dap[ur. Keberadaan bintang-bintang yang tidak menguntungkan ini pada sektor tersebut perlu diwaspadai, karena berdampak buruk, bisa terhadap penghuni (kesehatan, keharmonisan) ataupun pada kemakmuran.

Sektor 24 Gunung (24 Mountain Sectors)
Bintang terbang tahunan, akan berinteraksi dengan bintang terbang permanen yang dimiliki sebuah bangunan (terbentuk pada saat sebuah bangunan lahir/ dibangun). Bintang terbang permanen ini, ditentukan oleh arah hadap dan waktu (tahun) bangunan tersebut dibangun/ ditempati.

Teori feng shui mengemukakan ada 24 arah hadap (24 Mountain, tiap arah mata angin dibagi menjadi 3 sektor, sehingga masing-masing 15 derajat), yang dapat dikelompokkan kedalam 16 formasi bintang terbang. Ke 16 kelompok tersebut dapat dilihat pada tabel berikut.

Selanjutnya akan diulas, aplikasi energi bintang terbang di tahun 2011 tersebut, untuk rumah yang dibangun/ ditempati pada periode 7 (1984-2004), dan periode 8 (2004-2024). Pembahasan ditekankan untuk sektor bangunan (rumah) yang paling berisiko.

Pintu Utama
Di tahun 2011 ini, bintang 5 terletak di sektor Timur, dan bintang 2 di sektor Selatan. Oleh karena itu, pembahasan di sini difokuskan pada analisis di kedua sektor tersebut.

Pintu utama sebuah bangunan yang menghadap ke Timur (sektor 1/2/3), dan dibangun/ ditempati pada periode 7 (antara tahun 1984-2004), akan berisiko besar menghadapi masalah kesehatan (keracunan makanan), kemakmuran (kecurian, perampkan).

Tanpa kehadiran bintang 5 di sektor Timur saja, bangunan tersebut telah memiliki energi yang buruk selepas tahun 2004. Ditambah dengan adanya bintang 5 di sini, maka energi di sektor tersebut akan semakin buruk. Sementara itu, untuk rumah yang sama arah hadapnya, namun dibangun selepas tahun 2004 (dibangun pada periode 8, 2004-2024), tidak perlu terlalu khawatir.

Gantungkan lonceng logam pintu (sektor Timur), supaya setiap kali dibuka, lonceng tersebut berbunyi. Atau, jika memang angin selalu ada, gantungkan feng ling (lonceng angin), yang terbuat dari logam di sektor tersebut.

Bintang 2 tahunan (tahun 2011) ini, berada di sektor Selatan. Pintu rumah yang menghadap Selatan ini (sektor 1/2/3), secara umum aman-aman saja, baik untuk rumah periode 7 maupun 8. Hanya satu catatan untuk rumah periode 7 yang menghadap Selatan 1, yang mana risiko terjadinya kecurian, kehilangan, pengeluaran-pengeluaran tak terduga.

Tindakan yang paling efektif dalam menghindari masalah-masalah yang muncul di atas, adalah dengan menon-aktifkan pintu di sektor yang bermasalah. Namun, hal ini tentu dapat dilakukan jika rumah memiliki alternatif pintu lain.

Kamar Tidur
Untuk rumah yang dibangun pada periode 7, dan arah hadap bangunan ke Selatan 2/3, maka kamar tidur di sektor Timur memiliki energi yang sangat buruk (dikuasai bintang 5). Hal ini sama buruknya untuk rumah yang dibangun pada periode 8, dan menghadap ke Barat Laut 1 dan Utara 2/3.

Jika anda menempati kamar tersebut, disarankan untuk sementara pindah ke kamar lain (jika memungkinkan). Jika tidak memungkinkan, tempatkanlah benda logam yang kuat di sektor ini (boleh di luar jendela kamar). Benda logam tersebut bisa berupa feng ling, atau kursi, guci/ vas, atau benda lainnya.

Selain dampak yang sangat buruk pada sektor tersebut, maka secara umum, di tahun 2011 ini, kamar tidur yang terletak di sektor Timur dan Selatan (tidak peduli kemana arah hadap dan kapan bangunan tersebut dibangun), mendapat pengaruh buruk juga dari bintang 5 atau bintang 2. Sehingga disarankan untuk menempatkan benda logam di area Timur dan Selatan, untuk menetralisirnya.

Dapur
Dapur yang terletak di sektor Timur dan Selatan di tahun 2011, juga mendapat energi yang buruk. Api yang dihasilkan dari kompor, akan memperbesar pengaruh dari energi buruk ini. Seperti yang telah diutarakan di atas, bahwa untuk meredam pengaruh negatif dari bintang 5 atau bintang 2, digunakan benda logam.

Tips Memilih Rumah
Sebenarnya ada banyak sekali kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah rumah. Pertimbangan pertama adalah pertimbangan tentang feng shui bentuk (landform feng shui), seperti: rumah tidak terletak di T-juction (tusuk sate), tidak terletak di dekat menara SUTET, lingkungan bersih, bebas sha qi. Pertimbangan berikutnya adalah terkait dengan arah hadap nya.

Bangunan dengan arah hadap Selatan sektor 2 dan 3, Barat Daya sektor 1, Barat sektor 1, Barat Laut sektor 1, Utara sektor 2 dan 3, Timur Laut, dan Barat Laut, memiliki energi yang kurang menguntungkan.

Demikian ulasan singkat tentang feng shui di tahun Kelinci 2652. Salam. Gong Xi Fat Cai. Selamat Tahun Baru Imlek.

*) Linda Kho, pakar fengshui, tinggal di Salatiga, Jawa Tengah

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar