Kamis, 31 Maret 2011

Rumah Idaman “Rahasia Sukses Ciputra: "Wisdom, Integrity, Innovation"” plus 2 more

Rumah Idaman “Rahasia Sukses Ciputra: "Wisdom, Integrity, Innovation"” plus 2 more


Rahasia Sukses Ciputra: "Wisdom, Integrity, Innovation"

Posted: 31 Mar 2011 11:34 PM PDT

[fivefilters.org: unable to retrieve full-text content]

Wawancara khusus dengan Dr Ir Ciputra, Presiden Komisaris Grup Ciputra, Metropolitan Kencana, dan Grup Jaya.

Rumah Goyang Rumah Kokoh Aman Gempa

Posted: 31 Mar 2011 10:58 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain "Rumah Goyang" karya Reynaldi, mahasiswa jurusan teknik arsitektur Universitas Katolik Parahyangan berhasil menjadi pemenang dalam sayembara Desain Rumah (SDR), yang diselenggarakan oleh Tabloid Rumah bekerja sama dengan PT. Semen Gresik, Tbk, di Jakarta, Rabu (30/3/2011) malam.

Material yang buruk justru sebagai pembunuh saat terjadi gempa. Material yang ringan dapat meminimalkan risiko seseorang di dalam rumah tertimpa bahan bangunan saat gempa.

-- Reynaldi

Sayembara Desain Rumah yang diselenggarakan Tabloid Rumah dengan tema "Rumah Kokoh Aman Gempa" merupakan perhelatan keenam kalinya, yang diikuti hanya oleh mahasiswa khususnya jurusan arsitektur.

Tema yang berkaitan dengan rumah kokoh aman gempa, menurut Editor in Chief Tabloid Rumah, Alois Wisnuhardana mengatakan tema sayembara bukan sengaja mengambil momen gempa yang baru saja terjadi di Jepang. Justru lewat kegiatan seperti ini, masyarakat terutama generasi muda menyadari bahwa Indonesia merupakan salah satu negara rawan gempa.

Menurut ketua dewan juri, Irvan Hidayat dari Tabloid Rumah, karya Reynaldi dengan "Rumah Goyang" nya berhasil mengalahkan 449 karya mahasiswa lainnya dari berbagai Universitas di Indonesia.

Poin kemenangan ada empat hal, yakni tema, TOR, dari sisi arsitektural, dan implementasi. "Kalau dilihat memang tidak semuanya sempurna tapi mendekati sempurna. Dari pondasi, konsep, bangunannya, secara prinsip Reynaldi sudah memegang itu. Dari semua peserta yang ada dia pintar menghadirkan unsur-unsur baru dan bisa diimplementasikan," ujar Irvan.

Dalam presentasinya, Reynaldi mengatakan bahwa material yang buruk justru sebagai pembunuh saat terjadi gempa. Material yang ringan dapat meminimalkan risiko seseorang di dalam rumah tertimpa bahan bangunan saat gempa.

Konsep "Rumah Goyang" menarik dikupan, karena Reynaldi mengkonsepkan tiga elemen yang dikenal dalam arsitektur yakni kaki (pondasi), badan (dinding), dan kepala (atap) ikut bergoyang saat gempa datang. "Ketika terjadi gempa, elemen-elemen ini akan ikut bergerak sehingga meminimalkan kerusakan," ujarnya.

Dalam konsep desain Rumah Goyang, Reynaldi juga memasukkan unsur trauma healing seperti lonceng penanda gempa. Yang mana akan berbunyi keras ketika terjadi gempa. Dengan bunyi lonceng, pemilik rumah bisa diingatkan bahaya gempa dan bergegas keluar. Selain lonceng, konsep lainnya yakni mengganti plafon dengan jaring-jaring. Gunanya, ketika atap atau material di atas jatuh ke bawah bisa berhenti sebentar di jaring-jaring. Waktu penundaan ini bisa digunakan pemilik rumah menyelamatkan diri.

Rencananya, selain desain karya Reynaldi, 19 desain rumah kokoh aman gempa karya mahasiswa lainnya akan dibukukan oleh Tabloid Rumah. 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Umalas Residence Bali Diminati

Posted: 31 Mar 2011 09:35 AM PDT

DENPASAR, KOMPAS.com — Umalas Residence Bali di Jalan Umalas II kawasan Kerobokan, Kuta, Kabupaten Badung, yang baru diperkenalkan kepada umum 11 Maret 2011, menyediakan 52 kamar dengan berbagai tipe pilihan sesuai kebutuhan tamu.

"Kami ingin bisa melayani apa pun kebutuhan tamu. Ada kamar biasa untuk dua-tiga orang, hingga yang memadai bagi lima-enam orang, dengan fasilitas yang beragam setara bintang empat plus," kata General Manager Umalas Residence Bali Fajar Asmara. 

Saat menunjukkan propertinya yang berkonsep hotel and residence, disebutkan bahwa kini tengah berkembang minat tamu dalam maupun luar negeri yang menginginkan kamar sesuai kebutuhan dan berada di lingkungan yang spesifik. Karena itu, pihak pemilik melalui PT Puri Amartha Phala membangun sarana akomodasi lima lantai di kawasan Umalas yang di sekitarnya merupakan daerah permukiman penduduk dan masih terdapat banyak persawahan maupun ladang.

Di sekitar daerah tersebut hingga kawasan Canggu, arah Tanah Lot, juga telah berkembang oleh banyaknya vila dan berbagai jenis sarana akomodasi dengan layanan khusus, selain fasilitas spa, minimarket, dan lainnya.

Fajar yang didampingi FB Advisor, Richard Weber, menjelaskan, berbagai tipe kamar tersebut tersebar di empat lantai, termasuk ruang rapat/pertemuan, restoran, kolam renang, tempat hiburan, Giri Loka Spa yang dilengkapi sauna dan gym/tempat senam, dan lantai lima bisa untuk pesta/makan malam dengan pertunjukan seni.

Kamar One Bedroom Studio ditawarkan 150 dollar AS per malam, Two Bedroom Superior 250 dollar AS, Two Bedroom Deluxe 275 dollar AS, Three Bedroom Penthouse 300 dollar AS, Three Bedrooms 325 dollar AS, dan Three Bedrooms Penthouse 400 dollar AS.

"Kami siap memanjakan tamu melalui berbagai fasilitas yang tersedia, selain memberikan pelayanan penjemputan dan pengantaran ke bandara serta paket berwisata ke Kintamani, Bedugul-Tanah Lot, maupun lainnya," ujarnya.

Fajar yang berpengalaman menjadi GM Novus Gawana Bali di Teluk Menjangan, ujung barat Pulau Dewata, itu berharap, sarana akomodasi yang disediakannya mampu memenuhi kebutuhan tamu dalam maupun luar negeri yang kini mulai berdatangan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar